Jokowi Hadiri Pembukaan KTT ke-34 ASEAN di Bangkok

Disambut dengan berbagai macam kebudayaan Thailand

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko “Jokowi” Widodo beserta Ibu Negara Iriana Joko Widodo hari ini, Minggu (23/6), menghadiri upacara pembukaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-34 ASEAN.

Puncak acara KTT dihelat di Valaya Alongkorn Drawing Room, Hotel Athenee, Bangkok, Thailand.

Baca Juga: Hadiri KTT ASEAN, Jokowi Dukung Perdamaian di Rakhine State

1. Acara dibuka oleh PM Thailand

Jokowi Hadiri Pembukaan KTT ke-34 ASEAN di BangkokIstimewa

Penampilan Suan Plu Chorus dan C-ASEAN Consonant yang membawakan lagu tema "The ASEAN Way" membuka acara tersebut. Setelah itu, Perdana Menteri (PM) Thailand, Prayut Chan-o-cha, selaku tuan rumah memberikan sambutannya.

"Saya menyambut Anda sekalian di Kerajaan Thailand, tempat lahirnya ASEAN," kata PM Thailand mengawali sambutannya yang dikutip dari Biro Pers Kepresidenan, Minggu.

2. Disuguhi penampilan kebudayaan Thailand

Jokowi Hadiri Pembukaan KTT ke-34 ASEAN di BangkokIstimewa

Para pemimpin negara ASEAN dan hadirin kemudian disuguhi penampilan budaya berjudul "Vivid ASEAN". Setelah itu para pemimpin negara ASEAN diundang ke atas panggung untuk peluncuran ASEAN Satellite Warehouse in Chainat Province under The Disaster Emergency Logistics System for ASEAN.

Secara simbolis para pemimpin negara ASEAN mengarahkan laser ke sebuah bola kristal secara bersama-sama.

3. Jokowi diskusi dengan pemimpin negara ASEAN lainnya

Jokowi Hadiri Pembukaan KTT ke-34 ASEAN di BangkokIstimewa

Acara kemudian diakhiri dengan sesi foto bersama para pemimpin negara ASEAN. Kesepuluh pemimpin negara ASEAN berjejer, menyilangkan kedua tangan, dan bergandengan tangan dalam sesi foto tersebut.

Setelah menghadiri upacara pembukaan, berturut-turut Presiden Jokowi menghadiri ASEAN Leaders’ Retreat, memimpin KTT ke-12 Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT) Summit, dan menghadiri pertemuan Brunei-Indonesia-Malaysia-Philippines East ASEAN Growth Area (BIMP-EAGA) Summit yang ke-13.

4. Jokowi Bertemu PM Singapura Sebelum Hadiri Pleno KTT Asean di Bangkok

Jokowi Hadiri Pembukaan KTT ke-34 ASEAN di BangkokIstimewa

Jokowi telah mengadakan pertemuan dengan Perdana Menteri (PM) Singapura Lee Hsien Loong sebelum menghadiri pleno KTT ke-34 ASEAN di Hotel Athenee, Bangkok, Thailand, pada Sabtu (22/6) malam.

Tidak sendiri, Jokowi datang didampingi Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi.

Usai mendampingi Presiden, Retno menjelaskan bahwa keduanya membahas pertemuan mengenai Leaders’ Retreat antara pemimpin kedua negara. Rencananya pertemuan itu akan diadakan di Singapura awal Desember nanti.

“Pertemuan Leaders’ Retreat akan dilaksanakan pada minggu pertama bulan Desember tahun ini di Singapura,” kata Retno.

Retno lalu menambahkan, pertemuan antara Presiden Jokowi dan PM Lee cukup singkat. Hal itu karena pertemuan berlangsung sebelum sidang pleno dimulai.

"Karena dilakukan secara pull aside sambil menunggu pertemuan plenary dimulai," ucap Retno.

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana bersama rombongan direncanakan kembali ke Tanah Air pada petang hari nanti dan diperkirakan tiba pada Minggu malam di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta.

Baca Juga: Tiba di Bangkok, Jokowi Bahas Tiga Isu Bilateral

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya