Jokowi Resmikan 2 Ruas Tol Trans Jawa

Nilai investasi Tol Pejagan-Batang lebih dari Rp15 triliun

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko 'Jokowi' Widodo kembali meresmikan Tol Trans Jawa yang digadang-gadang sebagai salah satu proyek terbesar di Kabinet Kerja sesuai Nawacita.

Kali ini, Jokowi meresmikan dua tol sekaligus di Jawa. Tol apa saja yang sudah diresmikan Jokowi?

Baca Juga: Ini Program-Program Jokowi dan Prabowo di Bidang Lingkungan Hidup

1. Jokowi meresmikan dua tol

Jokowi Resmikan 2 Ruas Tol Trans JawaTwitter/@KSPgoid

Peresmian tol tersebut antara lain adalah Tol Pejagan-Pemalang (segmen Brebes Timur-Sewaka) sepanjang 37,3 kilometer, dan Tol Pemalang-Batang (segmen Sewaka-Simpang Susun Pemalang) sepanjang 5,4 kilometer.
  
"Dalam empat tahun terakhir ini, satu demi satu konektivitas di negara kita Indonesia, semakin terwujud," ucap Jokowi di Gerbang Tol Tegal, Jawa Tengah, seperti dikutip dari Antara, Jumat (9/11).

2. Membangun roda perekonomian Jawa yang jauh lebih baik

Jokowi Resmikan 2 Ruas Tol Trans JawaTwitter/@KSPgoid

Dalam acara peresmian ini, mantan Gubernur DKI Jakarta ini didampingi beberapa Menteri Kabinet Kerja, yaitu Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil, sera Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen.
  
"Konektivitas antarpulau, antarprovinsi, dan antarkabupaten/kota, baik berupa pelabuhan, jalan maupun bandara, sudah semakin terintegrasi. Daerah demi daerah, wilayah demi wilayah, pulau demi pulau mulai terhubung," kata Presiden. 

Jokowi mengatakan, dengan dibangunnya jalur Tol Trans Jawa ini dapat memupuk roda-roda perekonomian daerah sekitar, agar semakin maju dan membangun Indonesia menjadi negara yang semakin berkembang.
  
"Kami harapkan keadilan sosial dan pemerataan akan semakin nyata di seluruh pulau yang kita miliki. Distribusi barang dan jasa juga semakin lancar," kata Jokowi.

4. Selama 4 tahun, Jokowi sudah selesaikan 650 kilometer jalan tol di Jawa

Jokowi Resmikan 2 Ruas Tol Trans JawaTwitter/@KSPgoid

Berdasarkan hasil data yang diperoleh, tak kurang dari 640 kilometer Tol Trans Jawa sudah dioperasikan yang membentang dari Merak hingga Surabaya, dengan panjang keseluruhan mencapai 870 kilometer. Sementara, ruas tol lainnya masih dalam penyelesaian satu hingga dua bulan ke depan.
  
"Saya rasa itu kerja, kerja yang dilakukan oleh Kementerian BUMN, Kementerian PUPR, dalam membangun infrastruktur, khususnya jalan tol. Kita harapkan ini nantinya betul-betul bisa mempercepat distribusi barang dan jasa yang semakin lancar," kata Jokowi.
  
Mengutip data Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, (PUPR) pembangunan Tol Pejagan-Pemalang dengan panjang keseluruhan 57,5 kilometer membutuhkan biaya investasi Rp7,62 triliun.

Sementara untuk pembangunan Tol Pemalang-Batang dengan panjang keseluruhan 39,2 kilometer membutuhkan biaya kurang lebih Rp7,5 triliun.

Semoga dengan beroperasinya Tol Trans Jawa ini dapat memperlancar distribusi barang hingga memperlancar roda perekonomian, ya guys.

Baca Juga: Setelah Sontoloyo, Kini Jokowi Sindir Politikus 'Politik Genderuwo'

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya