Comscore Tracker

Jokowi Targetkan Tol Layang Japek II Rampung November Tahun Ini

Uji coba akan dilakukan Senin besok

Jakarta, IDN  Times - Presiden Joko “Jokowi” Widodo menargetkan pembangunan tol layang Jakarta-Cikampak (Japek) II rampung pada November tahun ini.

Dalam unggahan di Instagramnya, @Jokowi, Presiden juga mengatakan proses pembangunan tol layang Japek II telah mencapai progres hingga 96,5 persen, dan siap dilakukan uji coba konstruksinya.

Baca Juga: Tronton Terbakar di Tol Japek Pemicu Macet Parah di Bekasi 

1. Tol Japek II akan beroperasi akhir November 2019

Jokowi Targetkan Tol Layang Japek II Rampung November Tahun IniANTARA FOTO/Risky Andrianto

Pernyataan tersebut diketahui melalui akun Instagram pribadinya, @Jokowi. Ia meminta agar masyarakat yang kerap mengalami kemacetan imbas proyek tersebut agar bersabar.

“Nah, jika tak ada aral melintang, Japek II ini akan beroperasi pada akhir November 2019, dan bisa dilewati kendaraan para pemudik Natal dan Tahun Baru 2020,” kata Jokowi, Minggu (22/9).

2. Tol Japek II akan dilakukan uji kelaikan beban

Jokowi Targetkan Tol Layang Japek II Rampung November Tahun IniIDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Dalam unggahan tersebut, Jokowi juga mengatakan proses pembangunan tol layang Japek II telah mencapai progres hingga 96,5 persen, dan siap dilakukan uji coba konstruksinya.

“Hari Senin besok, uji beban dengan menggunakan 16 truk dengan beban masing-masing 40 ton digelar di atas Japek II,” kata Presiden.

3. Tol layang Japek II diharapkan mengurangi kemacetan

Jokowi Targetkan Tol Layang Japek II Rampung November Tahun IniIDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut berharap, jika tol layang Japek II telah beroperasi, diharapkan dapat mengurangi angka kemacetan yang kerap terjadi.

“Apabila Japek II telah beroperasi, saya berharap kemacetan panjang di sepanjang jalan Tol Jakarta-Cikampek yang Anda alami hari-hari ini, akan berkurang jauh,” tutup Jakarta.

4. Tol Japek II menjadi jembatan terpanjang di Indonesia saat ini

Jokowi Targetkan Tol Layang Japek II Rampung November Tahun IniIDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Untuk diketahui, Japek II adalah tol sekaligus jembatan terpanjang yang ada di Indonesia saat ini. Jalan tersebut membentang sepanjang 36,4 kilometer.

Konstruksinya sendiri ditunjang dengan sembilan ribu tiang pancang tepat di sebagian ruas Tol Jakarta-Cikampek, dari Cikunir hingga Karawang Barat.

Baca Juga: Kurangi Macet, Proyek Pembangunan di Tol Japek Dihentikan Selama Mudik

Topic:

  • Rochmanudin

Just For You