Jokowi Terbang ke Kalsel, Tinjau Pengungsi dan Lokasi Terdampak Banjir

Jokowi terbang dari Lanud Halim Perdanakusuma

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko “Jokowi” Widodo hari ini, Senin (18/1/2021) bertolak menuju Provinsi Kalimantan Selatan, meninjau langsung kondisi pasca-banjir melanda di wilayah tersebut.

Dikutip dari laman Sekretariat Presiden, Jokowi berangkat bersama rombongan terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. 

Baca Juga: Jokowi Perintahkan TNI-Polri Segera Kirim Bantuan Korban Banjir Kalsel

1. Jokowi terbang dari Lanud Halim Perdanakusuma

Jokowi Terbang ke Kalsel, Tinjau Pengungsi dan Lokasi Terdampak BanjirPresiden Joko Widodo meninjau sungai Martapura dari jembatan Pakauman yang berada di Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan (Dok. Sekretariat Presiden)

Jokowi lepas landas menuju Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma pukul 10.05 WIB. 

Setibanya di Pangkalan TNI AU Syamsudin Noor, Kota Banjarbaru, Jokowi diagendakan langsung meninjau lokasi terdampak bencana banjir yang berada di Kelurahan Pakauman, Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar, dengan perahu karet.

2. Jokowi tinjau pengungsi dan lokasi terdampak banjir di Kalsel

Jokowi Terbang ke Kalsel, Tinjau Pengungsi dan Lokasi Terdampak BanjirPresiden Joko Widodo meninjau sungai Martapura dari jembatan Pakauman yang berada di Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan (Dok. Sekretariat Presiden)

Dalam kunjungan ini, presiden juga akan meninjau lokasi terdampak lainnya seperti Jembatan Mataraman yang aksesnya terputus karena bencana banjir. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga akan mendatangi posko pengungsian untuk meninjau kondisi warga terdampak serta kesiapan bantuan yang diberikan pemerintah kepada para pengungsi.

Usai kegiatan tersebut, Jokowi dan rombongan terbatas akan kembali menuju Pangkalan TNI AU Syamsudin Noor, untuk bertolak kembali menuju Jakarta.

Turut serta dalam penerbangan menuju Provinsi Kalsel di antaranya Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M Tonny Harjono, Komandan Paspampres Mayjen TNI Agus Subiyanto, serta Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

3. Ada 10 kabupaten terdampak banjir di Kalsel

Jokowi Terbang ke Kalsel, Tinjau Pengungsi dan Lokasi Terdampak BanjirIlustrasi banjir (IDN Times/Arief Rahmat)

Sebelumnya, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat ada 10 kabupaten/kota terdampak banjir di Provinsi Kalimantan Selatan, antara lain Kabupaten Tapin, Kabupaten Banjar, Kota Banjar Baru, Kota Tanah Laut, Kota Banjarmasin, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kabupaten Balangan, Kabupaten Tabalong, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, dan Kabupaten Batola.

“Hujan dengan intensitas sedang menyebabkan banjir yang terjadi pada Selasa, 12 Januari 2021 lalu di Provinsi Kalimantan Selatan,” kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Raditya Jati melalui keterangan tertulisnya, Senin (18/1/2021).

Bencana tersebut juga mengakibatkan  24.379 rumah terendam banjir dan 39.549 warga mengungsi. Selain itu, terdapat korban meninggal dunia sebanyak 15 orang.

“Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan telah menetapkan Status Tanggap Darurat Bencana Banjir pada Tanggal 14 Januari 2021. Sampai saat ini BPBD juga melakukan pendataan titik pengungsian bagi masyarakat terdampak,” ujar Raditya.

Baca Juga: 3 Titik Bencana Terjadi Bersamaan, Begini Reaksi Jokowi

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya