Kamu Wajib Tahu, Ini 3 Peran dan Fungsi Prajurit TNI

TNI terus berbenah agar semakin dekat dengan rakyat

Jakarta, IDN Times - Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang jatuh pada hari ini, Sabtu (5/10), berbagai parade ditampilkan ratusan prajurit TNI dari Angkatan Darat, Udara, dan Laut.

Pertunjukan tersebut merupakan salah satu tugas mereka, dalam upaya menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari serangan musuh. Kira-kira apa saja peran, fungsi, dan tugas TNI yang lainnya?

Baca Juga: Di HUT ke-74, Jokowi Berikan Tiga Tanda Kehormatan ke Personel TNI

1. TNI sebagai alat negara dibidang pertahanan

Kamu Wajib Tahu, Ini 3 Peran dan Fungsi Prajurit TNIIDN Times/Mela Hapsari

Dikutip dari laman resmi TNI, tni.mil.id, peran, fungsi dan tugas TNI (dulu ABRI) mengalami perubahan sesuai Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004. TNI berperan sebagai alat negara di bidang pertahanan yang dalam menjalankan tugasnya berdasarkan kebijakan dan keputusan politik negara.

TNI sebagai alat pertahanan negara, berfungsi sebagai penangkal terhadap setiap bentuk ancaman militer dan ancaman bersenjata dari luar dan dalam negeri terhadap kedaulatan, keutuhan wilayah, dan keselamatan bangsa. Serta penindak terhadap setiap bentuk ancaman sebagaimana dimaksud di atas, dan pemulih terhadap kondisi keamanan negara yang terganggu akibat kekacauan keamanan.

Tugas pokok TNI adalah menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah NKRI yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945, dan juga melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.

2. TNI menjalankan operasi militer selain perang

Kamu Wajib Tahu, Ini 3 Peran dan Fungsi Prajurit TNIIDN Times/Maulana

Tugas pokok TNI dibagi menjadi dua, yaitu operasi militer untuk perang dan operasi militer selain perang.

Operasi militer selain perang meliputi operasi mengatasi gerakan separatis bersenjata, mengatasi pemberontakan bersenjata, mengatasi aksi terorisme, mengamankan wilayah perbatasan, dan mengamankan objek vital nasional yang bersifat strategis.

TNI juga melaksanakan tugas perdamaian dunia sesuai kebijakan politik luar negeri, mengamankan presiden dan wakil presiden beserta keluarganya, memberdayakan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya secara dini, sesuai sistem pertahanan semesta.

Tak hanya itu, TNI juga ikut membantu tugas pemerintahan di daerah, membantu Polri dalam rangka tugas keamanan dan ketertiban masyarakat yang diatur dalam undang-undang, serta membantu mengamankan tamu negara setingkat kepala negara dan perwakilan pemerintah asing yang sedang berada di Indonesia.

TNI juga terlibat aktif membantu menanggulangi dampak bencana alam, pengungsian, dan pemberian bantuan kemanusiaan, membantu pencarian serta pertolongan dalam kecelakaan (search and rescue) dan membantu pemerintah dalam pengamanan pelayaran juga penerbangan terhadap pembajakan, perompakan dan penyelundupan.

3. TNI terus melakukan reformasi di tingkat internal

Kamu Wajib Tahu, Ini 3 Peran dan Fungsi Prajurit TNIIDN Times/Dini Suciatiningrum

Sementara dalam bidang reformasi internal, TNI sampai saat ini terus melaksanakan reformasi internalnya sesuai tuntutan reformasi nasional.

TNI tetap pada komitmennya menjaga agar reformasi internal dapat mencapai sasaran yang diinginkan dalam mewujudkan Indonesia baru yang lebih baik pada masa yang akan datang, dalam bingkai tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Bahkan, sejak 1998 sebenarnya secara internal, TNI telah melakukan berbagai perubahan yang signifikan, antara lain, pemisahan Polri dari ABRI yang telah menjadi keputusan pimpinan ABRI mulai 1999 sebagai transformasi awal.

Penyusutan jumlah anggota Fraksi TNI/Polri di DPR RI dan DPRD I dan II dalam rangka penghapusan fungsi sosial politik, TNI tidak lagi terlibat dalam politik praktis, pemutusan hubungan organisatoris dengan Partai Golkar dan mengambil jarak yang sama dengan semua parpol yang ada, serta komitmen dan konsistensi netralitas TNI dalam pemilu.

Baca Juga: Ini Enam Pasukan Elit yang Dimiliki TNI, Mana Favoritmu?

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya