Kantornya di Bogor Dilempar 3 Bom Molotov, PDIP: Pengecut Itu! 

PDIP menilai serangan tersebut memiliki motif ideologis

Jakarta, IDN Times - PDI Perjuangan mengecam keras aksi pelemparan tiga bom molotov di Sekretariat Pimpinan Anak Cabang (PAC) Megamendung dan Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, tindakan tersebut dilakukan oleh sekelompok orang pengecut yang memiliki motif ideologis.

1. PDIP sebut pelemparan bom molotov ke kantornya memiliki motif ideologis

Kantornya di Bogor Dilempar 3 Bom Molotov, PDIP: Pengecut Itu! Ilustrasi Bom (IDN Times/Arief Rahmat)

Ia menegaskan, serangan ke kantor PAC tersebut adalah serangan atas demokrasi, serangan terhadap kemanusiaan, dan serangan atas tatanan kehidupan masyarakat yang mendambakan hidup tenteram.

"Pelemparan bom molotov adalah tindakan pengecut, dan memiliki motif ideologis. Karena itulah terhadap aksi teror tersebut, tidak akan pernah menyurutkan semangat juang kami. Terlebih atas penghormatan masyarakat Indonesia yang menempatkan PDI Perjuangan sebagai Partai Nasionalis Soekarnois. PDI Perjuangan partai grassroots, tidak kenal mundur dan takut,” kata Hasto melalui keterangan tertulisnya, Rabu (29/7/2020).

Baca Juga: Kabar Baik, PDIP Siap Dukung RUU PKS Masuk Prolegnas 2021!

2. PDIP minta seluruh simpatisan dan kadernya untuk tenang dalam menghadapi kasus ini

Kantornya di Bogor Dilempar 3 Bom Molotov, PDIP: Pengecut Itu! Sekjen PDIP Hasto Kristyanto (IDN Times/Khaerul Anwar)

Hasto menjelaskan, keteguhan sikap partainya di dalam menghadapi berbagai tantangan kehidupan berbangsa dan bernegara telah teruji. PDI Perjuangan memiliki akar sejarah kuat dengan Partai Nasionalis Indonesia (PNI) yang telah berjuang jauh sebelum republik ini berdiri.

"Partai juga selalu menjawab tantangan sejarah dan merumuskan jawaban sesuai amanat penderitaan rakyat. Untuk itu seluruh kekuatan grassroots partai agar tetap tenang, terus bekerja keras dan membantu rakyat di dalam ikut menjaga keamanan dan ketentraman masyarakat, tanpa terkecuali,” ujarnya.

3. PDIP minta pelaku penyerangan kantornya untuk ditindak tegas melalui jalur hukum

Kantornya di Bogor Dilempar 3 Bom Molotov, PDIP: Pengecut Itu! Ketua Umum PDI Perjuangan resmikan 22 kantor cabang partai dan monumen mutiara bangsa sukarno (Dok. IDN Times/PDI Perjuangan)

Lebih jauh Hasto menekankan, tindakan teror seperti ini tidak boleh dibiarkan terus terjadi. Sebagai negara hukum, lanjut dia, mereka yang telah mengganggu ketentraman masyarakat harus ditindak, dan hukum tidak boleh kalah dengan berbagai bentuk aksi teror yang anti-ketuhanan dan anti-kemanusiaan tersebut.

"PDI Perjuangan menginstruksikan seluruh simpatisan, anggota, dan kader partai untuk tetap tenang, terus rapatkan barisan dan memegang teguh nilai Satyam Eva Jayate, bahwa kebenaranlah yang akan menang,” tuturnya.

Baca Juga: Kasus COVID-19 di Jakarta Pecah Rekor Lagi, PDIP Kritik Kinerja Anies

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya