Kemenhub Izinkan Mudik, Wagub DKI Imbau Warganya Video Call Saja 

Warga DKI diimbau untuk tetap di rumah saja

Jakarta, IDN Times - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengimbau seluruh warganya untuk tetap di rumah saja, meskipun Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membuka peluang untuk mudik Lebaran 2021.

“Namun demikian, kami tetap bagi warga Jakarta sedapat mungkin tempat yang terbaik berada di rumah,” kata Riza di Balai Kota Jakarta, Rabu (17/3/2021).

Baca Juga: Kemenhub Tidak Akan Larang Masyarakat Mudik Lebaran Tahun Ini 

1. Gak perlu mudik, Wagub DKI imbau warganya untuk video call saja

Kemenhub Izinkan Mudik, Wagub DKI Imbau Warganya Video Call Saja Para relawan emak-emak Prabowo-Sandi yang tergabung dalam Partai Emak-emak Pendukung Prabowo-Sandi (PEPES) dan Persatuan Emak-emak Prabowo-Sandi (Permak Bodi) melakukan video call dengan Cawapres Sandiaga Uno saat acara senam bersama di Posko Relawan De Gadjah, Denpasar, Minggu (23/12). (IDN Times/I Gusti Ngurah Made Wirawan)

Kendati demikian, dia juga tidak melarang warga DKI yang ingin mudik Lebaran pada Mei mendatang. Namun, Riza mengimbau agar warga tetap mematuhi protokol kesehatan dan melakukan tes PCR atau rapid antigen sebelum mudik ke kampung halaman.

"Jadi, sekalipun pemerintah memberikan keleluasaan, tetapi tolong tetap diperhatikan protokol kesehatan dan dipastikan kalau bisa di Jakarta tetap di Jakarta, kan bisa video call, kan gak ada beda,” ujar politikus Gerindra ini.

2. Kemenhub izinkan masyarakat untuk mudik Lebaran 2021

Kemenhub Izinkan Mudik, Wagub DKI Imbau Warganya Video Call Saja Ilustrasi mudik menggunakan kapal/ANTARA FOTO/Zabur Karuru

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan bahwa pemerintah memutuskan untuk tidak melarang masyarakat mudik Lebaran tahun ini. Keputusan itu diambil walaupun Indonesia saat ini masih masa pandemik COVID-19.

"Terkait dengan mudik (Lebaran) 2021 pada prinsipnya pemerintah melalui Kementerian Perhubungan tidak melarang,” kata Budi saat rapat kerja dengan Komisi V DPR yang disiarkan langsung melalui YouTube Komisi V DPR RI Channel, Selasa 16 Maret 2021.

Baca Juga: Pemerintah Izinkan Masyarakat Mudik Lebaran

3. Satgas imbau masyarakat lebih bijak untuk memutuskan mudik

Kemenhub Izinkan Mudik, Wagub DKI Imbau Warganya Video Call Saja Ilustrasi (IDN Times/Imam Rosidin)

Sementara, Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito mengatakan, pemerintah belum menentukan kebijakan mudik dan balik Lebaran 2021 karena masih dalam tahap pembahasan. 

"Sejauh ini untuk kebijakan terkait mudik Lebaran masih dalam tahap pembahasan oleh Kementerian dan Lembaga terkait,” kata Wiku dalam konferensi pers daring yang dikutip dari channel YouTube BNPB, Selasa 16 Maret 2021.

Dalam kesematan itu, Wiku mengimbau kepada masyarakat untuk tetap bijak dalam mengambil keputusan. Sebab, pandemik di Indonesia hingga saat ini belum berakhir dan jumlahnya masih cukup tinggi.

"Namun prinsipnya, dilarang atau tidaknya mudik saya mengharapkan sikap bijak dari masyarakat untuk dapat mengambil keputusan yang terbaik. Khususnya melakukan perjalanan jauh yang berpotensi meningkatkan penularan,” imbaunya.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya