Kereta Commuter Line Kembali Beroperasi Sesuai PSBB Hari Ini

Jam operasional mulai pukul 06.00-18.00 WIB

Jakarta, IDN Times - PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) akan kembali melayani masyarakat setelah dua hari menghentikan operasionalnya karena perayaan Hari Raya Idulfitri 1441 Hijriah.

VP Corporate Communications KCI Anne Purba mengatakan, mulai hari ini Selasa (26/5), KRL akan kembali beroperasi dengan mematuhi protokol kesehatan dan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Baca Juga: Pekan Kedua PSBB Jakarta, Jumlah Penumpang Commuter Line Menurun

1. Jam operasional KRL selama masa PSBB pukul 06.00-18.00 WIB

Kereta Commuter Line Kembali Beroperasi Sesuai PSBB Hari IniSejumlah penumpang berjalan di dekat gerbong KRL Commuter Line di Stasiun Bogor, Jawa Barat, Rabu (15/4/2020). ANTARA/Arif Firmansyah

Adapun jam operasional selama masa PSBB masih sama seperti sebelumnya, yaitu hanya pukul 06.00 sampai 18.00 WIB.

“Dengan jadwal pemberangkatan KA-KA (kereta api) pertama dari wilayah penyangga Jakarta mulai pukul 05.00 WIB,” kata Anne melalui keterangan tertulisnya, Minggu (25/5) malam.

2. Pengguna KRL dilarang berbicara langsung maupun lewat telepon genggam selama di dalam kereta

Kereta Commuter Line Kembali Beroperasi Sesuai PSBB Hari IniSejumlah penumpang menggunakan masker dan duduk berjarak di dalam gerbong KRL Commuter Line, Stasiun Bogor, Jawa Barat, Rabu (15/4/2020). ANTARA/Arif Firmansyah

Pengguna KRL tetap diwajibkan untuk selalu menggunakan masker, mengikuti pemeriksaan suhu tubuh, dan memanfaatkan fasilitas wastafel tambahan yang ada di stasiun untuk cuci tangan dengan air mengalir dan sabun sebelum dan sesudah naik KRL.

Sebagai upaya tambahan untuk mencegah penyebaran COVID-19, lanjut Anne, PT KCI juga mengimbau para pengguna KRL untuk tidak bicara secara langsung maupun melalui telepon genggam selama berada di dalam kereta.

“Hal ini mengingat penularan virus corona adalah melalui droplet atau cairan yang dapat keluar dari mulut dan hidung saat kita batuk, bersin, maupun berbicara,” ujarnya.

3. Perjalanan KRL ditujukan untuk masyarakat yang punya kebutuhan mendesak

Kereta Commuter Line Kembali Beroperasi Sesuai PSBB Hari IniANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Lebih jauh ia menuturkan, dengan masih berlakunya PSBB di wilayah Jakarta dan sekitarnya, Anne mengingatkan untuk tetap mematuhi anjuran dari pemerintah agar tetap di rumah. KRL masih beroperasi hanya untuk warga yang benar-benar memiliki kebutuhan mendesak dan dikecualikan dalam PSBB.

“Anjuran dan ketentuan tersebut tentu memerlukan kerja sama dan disiplin dari masyarakat, termasuk para pengguna KRL agar dapat efektif dalam menghambat penyebaran COVID-19,” tuturnya.

Baca Juga: Penumpang KRL Rangkasbitung di Rapid Test, Dua Warga Reaktif COVID-19 

Topik:

  • Sunariyah
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya