Comscore Tracker

Kerja Ma'ruf Amin Disebut Tak Menonjol, Ini Penjelasan dari Jubirnya

Media jarang menyoroti kinerja Ma’ruf Amin

Jakarta, IDN Times - Juru Bicara Wakil Presiden (Wapres), Masduki Baidlowi, angkat bicara soal hasil survei Indo Barometer terkait rendahnya tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Wapres Ma’ruf Amin.

Masduki mengatakan, selama 3 bulan belakangan ini Wapres sedang sibuk menyusun langkah strategis untuk berkoordinasi dengan sejumlah kementerian.

1. Apa yang dikerjakan Ma’ruf Amin tidak pernah menjadi berita penting

Kerja Ma'ruf Amin Disebut Tak Menonjol, Ini Penjelasan dari JubirnyaWakil Presiden RI Ma'ruf Amin (IDN Times/Fitang Budhi Adhitia)

Namun, apa yang dilakukan oleh Ma’ruf Amin tidak pernah menjadi perhatian, sehingga kinerjanya tidak pernah dilihat oleh publik

“Dan itu beberapa kali dilakukan sekarang juga sedang disusun (rapat koordinasi) ya, tetapi itu tidak pernah menjadi berita penting. Wapres memang tidak memperhatikan itu sebagai satu hal yang penting. Apakah itu diberitakan atau tidak diberitakan,” kata Masduki di Rumah Dinas Wapres, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (17/2).

Baca Juga: Indo Barometer: Ekonomi Jadi Masalah di 100 Hari Kerja Jokowi-Ma'ruf

2. Wapres Ma’ruf Amin sering memimpin rapat koordinasi terkait radikalisme dan UMKM

Kerja Ma'ruf Amin Disebut Tak Menonjol, Ini Penjelasan dari JubirnyaWakil Presiden Ma'ruf Amin (IDN Times/Fitang Budhi Adhitia)

Masduki mencontohkan, Ma’ruf diberi tanggung jawab oleh Presiden Joko “Jokowi” Widodo terkait penanganan radikalisme dari hulu hingga hilir. Rapat koordinasi sering dilakukan bersama BNPT dan kementerian terkait, namun tidak banyak yang mengetahui.

“Lalu misalnya mengenai UMKM itu dananya banyak di berbagai Kementerian ya, dan selama ini tidak terealisasi dengan maksimal. Nah itu, Wapres punya cita-cita bagaimana agar UMKM itu bisa nanti betul-betul mempunyai fungsi bisa mengurangi kesenjangan. Karena apa? Peran dari UMKM itu ternyata secara ekonomi nasional itu sampai 60 persen,” ujarnya.

3. Ada 7 pekerjaan yang sedang menjadi fokus Ma’ruf Amin di pemerintahan

Kerja Ma'ruf Amin Disebut Tak Menonjol, Ini Penjelasan dari JubirnyaWapres Ma'ruf Amin Bertemu Presiden Singapura Halimah Yacob (IDN Times/Fitang Budhi Adhitia)

Ia menambahkan, ada 7 pekerjaan yang saat ini sedang menjadi fokus Wapres. Seluruhnya, kata Masduki merupakan proyek strategis pemerintah di periode pemerintahan Jokowi-Ma’ruf.

“Buat wakil presiden yang terpenting sekarang itu road map itu tersusun dan semuanya akan dilakukan termasuk langkah yang seperti tadi,” tuturnya.

4. Survei Indo Barometer, tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Wapres hanya 37,5 persen

Kerja Ma'ruf Amin Disebut Tak Menonjol, Ini Penjelasan dari JubirnyaIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Sebelumnya, Lembaga Survei Indo Barometer merilis hasil survei tingkat kepuasan pada 100 hari pemerintahan Joko "Jokowi" Widodo-Ma'ruf Amin. Dalam survei kali ini beberapa hal yang dibahas. Salah satunya adalah tingkat kepuasan masyarakat terhadap sosok Jokowi dan Ma'ruf.

Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari, mengatakan bahwa tingkat kepuasan terhadap Ma'ruf Amin tergolong rendah yakni 49,6 persen dan ketidakpuasan sebesar 37,5 persen.

Menurut Qodari biasanya tingkat kepuasan antara presiden dan wakil presiden tak terlalu jauh angkanya. Namun, dalam survei kali ini berbeda. Bahkan, tingkat kepuasan terhadap Ma'ruf lebih rendah dibanding kepuasan terhadap menteri Kabinet Indonesia Maju.

Secara umum, tingkat kepuasan pada menteri mencapai 54,4 persen dan 28,1 persen tidak puas.

"Ini pertama kali saya lihat, kecenderungan harusnya kepuasan terhadap menteri di bawah (tingkat kepuasan) Wakil Presiden," kata Qodari di Senayan, Jakarta, Minggu (16/2).

Baca Juga: Wapres Kumpulkan Menteri Bahas Penutupan Lubang Bekas Tambang Ilegal

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya