Ketua KPU Arief Budiman Dinyatakan Sembuh dari COVID-19

Arief akan bekerja lagi sebagai Ketua KPU RI mulai besok

Jakarta, IDN Times - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia Arief Budiman telah dinyatakan sembuh dari COVID-19 berdasarkan hasil pemeriksaan tes usap (swab test), Senin (26/10/2020).

Arief sempat menjalani perawatan akibat terinfeksi COVID-19 pada September 2020 lalu. 

Bukan hanya Arief, anggota KPU Pramono Ubaid yang juga sempat dinyatakan positif COVID-19, kini telah sembuh dari infeksi virus tersebut.

1. Hasil swab Arief Budiman baru keluar hari ini dan dinyatakan negatif COVID-19

Ketua KPU Arief Budiman Dinyatakan Sembuh dari COVID-19Ketua KPU Arief Budiman (kiri) saat melakukan coklit di kediaman Gubernur Jatim Khofifah Indar Pariwansa. Dok. Humas Pemprov Jatim

Pelaksanaan Harian Ketua KPU RI, Ilham Saputra mengatakan, keduanya telah melaksanakan tes usap, cek darah, dan foto atau scan toraks terakhir pada Jumat, 23 Oktober 2020, di tempat yang berbeda.
 
"Dari tes swab hari itu, pada hari Sabtu (24/10/2020) telah diketahui bahwa Pramono telah dinyatakan negatif. Sementara itu, Arief Budiman baru diketahui hasilnya pada hari ini, Senin (26/10/2020) dan hasilnya negatif," kata Ilham seperti dikutip ANTARA, Senin (26/10/2020).

Keduanya, lanjut dia, telah melakukan isolasi selama kurang lebih 35 hari setelah dinyatakan terpapar virus COVID-19.
 
"Dalam rapat pleno pada hari ini, keduanya telah menyampaikan laporan mengenai perkembangan kesehatan mereka," ujar Ilham.

Baca Juga: Ketua KPU Arief Budiman Positif COVID-19, Isolasi Mandiri di Rumah

2. Arief Budiman akan bekerja lagi sebagai Ketua KPU RI mulai besok

Ketua KPU Arief Budiman Dinyatakan Sembuh dari COVID-19Gedung KPU RI (IDN Times/Denisa Tristianty)

Dengan adanya kabar baik itu, rapat pleno memutuskan Arief Budiman kembali bertugas sebagai Ketua KPU RI mulai Selasa, 27 Oktober 2020, sementara Pramono selama ini tetap aktif sebagai anggota KPU RI namun melaksanakan tugas secara WFH (bekerja dari rumah).
 
"Mulai hari ini telah kembali melaksanakan tugasnya sebagaimana biasanya," tuturnya.

3. KPU menyampaikan ucapan terima kasih kepada tenaga medis

Ketua KPU Arief Budiman Dinyatakan Sembuh dari COVID-19Ilustrasi. ANTARA FOTO/Reno Esnir

Mewakili KPU RI, Ilham menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak, baik instansi pemerintah, RSPAD, Satgas COVID-19, Puskesmas Pejaten Barat, maupun para tenaga kesehatan, yang selama ini merawat dan memantau kesehatan kedua pimpinan KPU RI sehingga keduanya pulih seperti sediakala.
 
"Saya mohon maaf jika selama menjadi Plh. Ketua KPU RI ada pernyataan dan komentar saya yang membuat teman-teman tidak berkenan. Semoga kita semua selalu sehat," ujarnya.

Arief Budiman dinyatakan positif COVID-19 pada Jumat 18 September 2020. Ia diketahui terpapar virus tersebut setelah menjalani tes usap lantaran ingin menghadiri acara di Istana Bogor bersama Presiden Joko “Jokowi” Widodo. Keesokan harinya, Anggota KPU RI Pramono Ubaid mengumumkan dirinya juga terpapar COVID-19.

Sebelum dinyatakan positif COVID-19, Pramono mengaku bahwa dirinya memang kerap berinteraksi dengan Arief Budiman. Sampai akhirnya pada 19 September Pramono dinyatakan positif COVID-19 setelah menjalani tes usap.

Baca Juga: Arief Budiman Sempat ke Makassar, Ketua KPU Sulsel Positif COVID-19

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya