Ketum dan Kader Partai Masuk Kabinet, Jokowi: Gak Masalah!

"Dari pengalaman lima tahun lalu, itu gak masalah"

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko “Jokowi” Widodo telah resmi mengumumkan para menteri barunya dalam Kabinet Indonesia Maju pada Rabu (23/10). Sebelum pengumuman dilakukan, Jokowi meminta seluruh menteri berkumpul di beranda depan Istana Merdeka.

Komposisi kabinet kali ini cukup beragam, antara profesional dan partai politik cukup seimbang porsinya. Selain itu, beberapa wajah lama juga masih menghiasi posisi penting di beberapa kementerian.

Menariknya, sejumlah nama ketua umum (ketum) partai masuk dalam kabinet Jokowi, mereka antara lain Ketum Gerindra Prabowo Subianto, Ketum Golkar Airlangga Hartarto, dan Ketum PKB Suharso Monoarfa. Menanggapi hal itu, Jokowi mengatakan tidak masalah.

“Dari pengalaman 5 tahun kemaren baik dari ketua (partai) maupun yang bukan ketua partai saya meilihat bisa bagi waktu,” kata Jokowi di Kompleks Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/10).

“Tidak ada masalah, dari situ kita putuskan bahwa baik dari ketua atau struktur partai bisa merangkap,” imbuhnya.

Usai pelantikan, mantan Gubernur DKI Jakarta ini meminta seluruh pembantunya tersebut untuk langsung bekerja cepat di kementeriannya masing-masing. “Gak ada target 100 hari karena kita melanjutkan dari yang sebelumnya, yang jelas mengejar defisit neraca perdagangan, defisit transaksi berjalan,” ucap Jokowi.

Lebih jauh Jokowi menambahkan, fokus lima tahun kedepan pemerintahannya adalah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM).

“Semua itu kita garap rame-rame sehingga memunculkan daya saing dan kompetitifnes indeks dan meloncat lebih baik. Terkahir penggunaan APBN yang fokus dan tertata,” tegasnya.

Baca Juga: Menteri Ketenagakerjaan Baru Cari Siasat Kurangi TKI ke Luar Negeri

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya