KM Santika Nusantara Terbakar, Penumpang dan ABK Dipastikan Selamat

Evakuasi para penumpang dibantu kapal lainnya yang melintas

Jakarta, IDN Times - Kapal Ro-Ro KM. Santika Nusantara dengan rute Surabaya - Balikpapan terbakar tadi malam (22/8) sekitar pukul 20.45 WIB di perairan Laut Utara Pulau Masalembo, Jawa Timur.

1. Api berhasil dipadamkan oleh para petugas

KM Santika Nusantara Terbakar, Penumpang dan ABK Dipastikan SelamatIDN Times/Wayan Antara

Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP), Ahmad mengatakan bahwa seluruh penumpang dan Anak Buah Kapal (ABK) dipastikan selamat.

"Api di Kapal KM. Santika Nusantara dengan GT. 12.968 tersebut berhasil dipadamkan dan yang tersisa saat ini tinggal asap tebal. Mesin kapal juga sudah dimatikan total," jelas Ahmad melalui keterangan tertulisnya, Jumat (23/8).

Baca Juga: Alutsista Minim, Lanal Palembang Segera Tambah Dua Kapal Perang

2. Evakuasi para penumpang dibantu kapal lainnya yang melintas

KM Santika Nusantara Terbakar, Penumpang dan ABK Dipastikan SelamatIDN Times/Hana Adi Perdana

Ahmad menjelaskan, Kapal KM. Santika Nusantara mengangkut penumpang sebanyak 111 orang dan 84 unit kendaraan. Beberapa kapal yang melintas di lokasi tersebut seperti KM. Dobonsolo, KM. Sinabung, KM. Swarna Bahtera, KM. Gading Nusantara, dan KM. Mila Utama diminta untuk dapat membantu evakuasi para penumpang kapal nahas itu.

3. Proses evakuasi masih berlangsung

KM Santika Nusantara Terbakar, Penumpang dan ABK Dipastikan SelamatIDN Times/Wayan Antara

Ada pun informasi dari Automatic Identification System atau AIS Stasiun Radio Pantai (SROP) Masalembo, dilaporkan ada 5 kapal yang mendekat ke lokasi kejadian yaitu KMP. Dharma Ferry, MV. Sumatra Leader, MV. Spil Citra, KM. Selatan Damai, dan TB. Bintang Mutiara.

"Saat ini proses evakuasi sedang berlangsung di mana sisa penumpang di atas kapal sedang diturunkan ke sekoci. Kami mengerahkan kapal patroli KPLP, KNP. Chundamani dari pangkalan PLP Surabaya ke lokasi kejadian untuk membantu evakuasi. Segera kami update informasi akhirnya," ujar Ahmad.

4. Petugas terkait telah siapkan posko untuk para korban

KM Santika Nusantara Terbakar, Penumpang dan ABK Dipastikan SelamatIDN Times/Yuda Almerio

Sementara itu, Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas III Masalembo, Taufikur Rahman, mengatakan bahwa pihaknya bersiaga di pelabuhan dan menyiapkan Posko Penanganan Kejadian tersebut.

"Kami bersama Polsek, Koramil, Puskesmas, dan SROP Masalembo bersiaga di terminal pelabuhan dengan menyiapkan posko termasuk bantuan mobil ambulance dan tenaga medisnya," tutup Taufikur.

Baca Juga: Navigasi bagi Kapal Laut, Inilah 7 Fakta Unik dan Sejarah Mercusuar

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya