Comscore Tracker

Kubu Jokowi Sebut Deklarasi Kemenangan Prabowo Bagian dari Provokasi

TKN minta kubu Prabowo sertakan data 

Jakarta, IDN Times - Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko "Jokowi" Widodo-Ma’ruf Amin menanggapi deklarasi kemenangan yang terus dilakukan oleh pihak Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno.

Sekretaris TKN Hasto Kristiyanto mengatakan, deklarasi kemenangan tersebut merupakan bagian dari provokasi kepada masyarakat.

Baca Juga: TKN Klaim 10 Persen Suara Millennial Diraih Jokowi-Ma'ruf 

1. TKN minta klaim kemenangan Prabowo-Sandiaga dilengkapi data

Kubu Jokowi Sebut Deklarasi Kemenangan Prabowo Bagian dari ProvokasiFitang

Hasto menyebut, bila pihak Prabowo menyampaikan klaim kemenangan, sebaiknya juga dilengkapi dengan data agar tidak menimbulkan kecurigaan.

"Kami imbau elite politik untuk klaim secara sepihak tanpa pertangggungjawabkan data, rekapnya, maka itu bagian dari provokasi yang bisa berdampak pada rusaknya upaya membangun kepercayaan pada sistem demokrasi," kata Hasto di kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (22/4).

2. TKN minta rincian data yang dikeluarkan oleh BPN

Kubu Jokowi Sebut Deklarasi Kemenangan Prabowo Bagian dari ProvokasiIDN Times/Indiana Malia

Ia juga meminta Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga untuk membuka data secara rinci dari level kecamatan hingga nasional, dengan menggunakan C1 yang terverifikasi.

"Membuka ruang hitung yang terintegrasi di tingkat provinsi, kota. PDIP perkuat transparansi dan akuntabilitas, suara rakyat harus dihormati dan tidak boleh diklaim pihak mana pun tanpa didukung data," ujarnya.

3. Masyarakat diminta bersabar menunggu hasil resmi KPU

Kubu Jokowi Sebut Deklarasi Kemenangan Prabowo Bagian dari ProvokasiPribadi

Oleh sebab itu, Sekjen Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini mengimbau seluruh masyarakat agar tidak mudah mempercayai berita-berita bohong atau hoaks yang banyak beredar, sembari menunggu hasil rekapitulasi nasional dari KPU selesai dilakukan.

"Kami dorong sistem ini, KPU sebagai penyelenggara. Bila ada kesalahan kode etik ada DKPP dan ada Bawaslu. Kalau gak puas, ada kecurangan, sesuai hukum maka laporkan," ucapnya.

4. Prabowo sudah 3 kali deklarasikan kemenangan

Kubu Jokowi Sebut Deklarasi Kemenangan Prabowo Bagian dari ProvokasiIDN Times/Axel Jo Harianja

Seperti diketahui sebelumnya, kubu capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo-Sandiaga sudah 3 kali mendeklarasikan diri menjadi pemenang dalam kontestasi Pilpres 2019.

Pihaknya mengklaim memperoleh kemenangan sebanyak 62 persen suara nasional berdasarkan data internal yang dimilikinya. Namun, data tersebut sama sekali tidak pernah dibeberkan kepada masyarakat secara lebih terinci. Prabowo hanya mengutarakan hasil real count diperoleh dari penghitungan di 320 ribu TPS dan sekitar 40 persen total suara masuk.

Baca Juga: Real Count KPU Senin Siang: Jokowi Masih Unggul 54,82 Persen

Topic:

  • Sunariyah

Just For You