Loyalis Airlangga Pertanyakan Klaim Dukungan 367 DPD ke Bamsoet

Jelang Munas, Bamsoet dan Airlangga kembali bergejolak

Jakarta, IDN Times - Loyalis Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ahmad Doli Kurnia menyinggung soal klaim dukungan yang disampaikan oleh Wakil Koordinator Bidang Pratama Partai Golkar, Bambang Soesatyo (Bamsoet).

Bamsoet menyebut, saat ini dirinya sudah mendapat dukungan dari 367 DPD pemilik hak suara di Musyawarah Nasional (Munas) Desember 2019

1. Dukungan dari Bamsoet hanya klaim sepihak

Loyalis Airlangga Pertanyakan Klaim Dukungan 367 DPD ke BamsoetIDN Times/Margith Juita Damanik

Doli pun mempertanyakan klaim yang disampaikan Bamsoet tersebut.

"Ya kalau klaim bisa saja, yang menentukan kan di forum-forum formal seperti Musyawarah Nasional (Munas) dan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas)," kata Doli dikutip dari Antara, Selasa (19/11).

Baca Juga: Deretan Prestasi Calon Kuat Ketua Umum Golkar Airlangga dan Bamsoet

2. Saat Rapimnas, Doli menyebut dukungan banyak mengalir ke Airlangga

Loyalis Airlangga Pertanyakan Klaim Dukungan 367 DPD ke Bamsoet(Rapimnas Golkar) IDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Doli mengungkapkan, faktanya pada forum Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Golkar, mayoritas DPD 1 Partai Golkar memberikan dukungan kepada Airlangga Hartarto kembali menjadi Ketua Umum Partai Golkar.

Ia mencontohkan dirinya sebagai Plt Ketua DPD I Golkar Sumatera Utara, memberikan dukungan kepada Airlangga mewakili 33 DPD II Partai Golkar yang ada di Sumut.

"Saya menyampaikan dukungan kepada Airlangga bukan atas nama Ketua DPD I Golkar Sumatera Utara namun 33 DPD II Golkar di kabupaten/kota. Rapat-rapat (penentuan dukungan) sudah melalui mekanisme rapat formal, rapat pleno, itu ukurannya," ujarnya.

3. Hak suara sah hanya ada di forum resmi seperti Rapimnas dan Munas

Loyalis Airlangga Pertanyakan Klaim Dukungan 367 DPD ke BamsoetIDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Ketua Komisi II DPR RI ini menyampaikan, dukungan calon Ketua Umum Golkar di Munas harus melihat realitas dan komunikasi yang selama ini dibangun dengan DPD II Partai Golkar.

Dia mengatakan, kalau hanya klaim, dirinya bisa mengklaim telah didukung 400 DPD II Partai Golkar.

"Beberapa waktu yang lalu, Andi Sinulingga mengatakan kalau Bamsoet didukung 383 pemilik suara, lalu sekarang dikatakan 367, mana yang benar," ujarnya.

Karena itu dia mengatakan, melihat dukungan riil pemilik suara dapat dilihat secara formal resmi yaitu pemilik suara yang menjadi peserta Munas dan Rapimnas Golkar.

4. Klaim Bamsoet soal dukungan dari 367 DPD Golkar se-Indonesia

Loyalis Airlangga Pertanyakan Klaim Dukungan 367 DPD ke BamsoetIstimewa

Sebelumnya, Wakil Koordinator Bidang Pratama Partai Golkar, Bambang Soesatyo mengaku sudah didukung 367 pemilik suara agar dirinya maju sebagai calon Ketua Umum Partai Golkar dalam Musyawarah Nasional (Munas) Desember 2019.

"Alhamdulillah dukungan DPD sudah lebih dari 367 yang memiliki suara. Ya nanti lihat perkembangan selanjutnya," kata Bamsoet di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (18/11).

Dia meyakini desakan agar ada perubahan di Partai Golkar semakin kuat karena para kader berharap ada kemajuan di partai tersebut di Pemilu 2024.

Namun dia enggan menyebutkan apakah dirinya jadi maju atau tidak dalam kontestasi Munas karena pelaksanaan Munas Golkar masih jauh yaitu awal Desember 2019.

Baca Juga: Klaim Dapat Dukungan 367 DPD, Bamsoet Belum Daftar Jadi Ketum Golkar

Topik:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya