Comscore Tracker

Mahfud MD: BJ Habibie adalah Sosok yang Angkat Derajat Orang Islam

Habibie genius dan cerdas, sosok Muslim yang moderat

Jakarta, IDN Times - Pakar Hukum Tata Negara, Mahfud MD, memiliki kenangan tersendiri terhadap sosok Bacharuddin Jusuf Habibie. Ia menilai sosok almarhum sebagai orang yang memiliki pergaulan luas baik di dalam mau pun luar negeri.

“Sebagai anak bangsa, saya bangga kepada beliau terutama sebagai sesama Muslim karena beliau menunjukkan diri sebagai seorang Muslim yang moderat, Muslim yang bisa bergaul dengan semua golongan seperti yang diimpikan oleh pendiri negara,” kata Mahfud di kediaman Habibie, Jalan Patra XIII, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (12/9).

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini menambahkan, Habibie juga merupakan tokoh sentral yang dapat mengangkat derajat umat Islam dari berbagai macam stigma negatif.

“Beliau juga menjadi contoh pembuka pintu ketika orang-orang Islam merasa inferior, tidak bisa apa-apa, kolot, bodoh, tapi Pak Habibie membuktikan bahwa ada anak Islam dan bisa anak-anak Islam itu maju seperti Pak Habibie,” tuturnya.

“Sehingga Pak Habibie itu lalu menjadi role model yang dibanggakan oleh anak Indonesia,” sambungnya.

Untuk diketahui, Habibie sendiri akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata pada pukul 13.30 WIB. Presiden Joko “Jokowi” Widodo akan memimpin langsung upacara pemakaman Presiden ke-3 RI tersebut.

Baca Juga: Kunjungi Almarhum BJ Habibie, Ini Deretan Kekaguman Romo Magnis

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Just For You