Comscore Tracker

Ma’ruf Amin Bakal Bertemu Rizieq Shihab? Jubir: Belum Ada Rencana

"Wapres belum memiliki agenda bertemu HRS."

Jakarta, IDN Times - Juru Bicara Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Masduki Baidlowi, mengatakan belum ada rencana pertemuan antara Wapres dengan pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab dalam waktu dekat.

"Bahwa, sampai saat ini, Wapres belum memiliki rencana atau agenda bertemu HRS (Habib Rizieq Shihab),” kata Masduki kepada IDN Times melalui keterangan tertulisnya, Sabtu (21/11/2020).

1. Munculnya ide pertemuan atas respons Masduki sebagai jubir Wapres

Ma’ruf Amin Bakal Bertemu Rizieq Shihab? Jubir: Belum Ada RencanaPimpinan FPI Rizieq Shihab (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Masduki menjelaskan Wapres belum pernah mengeluarkan pernyataan atau inisiatif untuk bertemu dengan Rizieq Shihab. Hal itu untuk menegaskan informasi yang simpang siur di publik terkait rencana pertemuan dua tokoh agama tersebut.

"Adapun munculnya berita pertemuan itu semata sebagai respons spontan saya sebagai juru bicara Wapres atas adanya pertanyaan media terkait dengan ide pertemuan antara Wapres dengan HRS,” katanya.

Baca Juga: Pangdam Jaya Copot Baliho Rizieq Shihab, KSP: Sudah Sesuai UU

2. Pertemuan antara Ma’ruf Amin dan Rizieq Shihab disampaikan oleh jubir Wapres

Ma’ruf Amin Bakal Bertemu Rizieq Shihab? Jubir: Belum Ada RencanaWakil Presiden RI Ma’ruf Amin (Dok.Setwapres)

Sebelumnya diberitakan Juru Bicara Wapres Masduki Baidlowi mengatakan akan ada pertemuan antara Ma’ruf Amin dan Rizieq Shihab dalam waktu dekat.

Dia mengatakan Wapres tak masalah jika bertemu Rizieq Shihab untuk membahas persoalan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Terhadap gagasan pertemuan itu, ya Wapres tidak ada masalah. Wapres 'welcome'. Artinya, itu hal yang bisa dilakukan selama membawa kebaikan bagi bangsa dan negara," kata Masduki, Jumat (20/11/2020).

3. Masduki sebut ada ormas yang siap mempertemukan Ma’ruf Amin dan Rizieq Shihab

Ma’ruf Amin Bakal Bertemu Rizieq Shihab? Jubir: Belum Ada RencanaJuru Bicara Wakil Presiden Masduki Baidlowi (IDN Times/Fitang Budhi Adhitia)

Masduki menyebut sudah ada organisasi kemasyarakatan (ormas) Islam yang menawarkan diri untuk menyelenggarakan pertemuan tersebut. Namun Masduki belum mau bercerita banyak.

"Sudah ada (ormas) yang sudah bertemu, tapi saya tidak bisa bercerita lebih dari itu," ujarnya.

4. Setelah polemik kerumunan massa, kini Rizieq dan FPI berurusan dengan TNI

Ma’ruf Amin Bakal Bertemu Rizieq Shihab? Jubir: Belum Ada RencanaMayjenTNI Dudung Abdurachman Panglima Daerah Komando Militer Jaya/Jayakarta (Pangdam Jaya) TNI AD (Website/akmil.ac.id)

Polemik Rizieq Shihab seakan tidak pernah habis. Usai disanksi Rp50 juta oleh Pemda DKI Jakarta karena menggelar Maulid Nabi Muhammad SAW dan pernikahan anaknya pada Sabtu (14/11/2020), kini Rizieq dan FPI harus berurusan oleh TNI soal baliho yang banyak terpasang di area publik.

Panglima Daerah Komando Militer Jayakarta (Pangdam Jaya) TNI AD, Mayjen TNI Dudung Abdurachman, mengakui pencopotan baliho itu adalah perintahnya. Alasannya baliho itu gak berizin.

"Itu perintah saya. Karena berapa kali Satpol PP nurunkan (baliho Rizieq Shihab) dinaikkan lagi, perintah saya itu. Begini ya, (kepada) siapa pun di republik ini, ini negara hukum, (harus) taat kepada hukum. Kalau masang baliho itu sudah jelas ada aturannya, ada bayar pajaknya, tempatnya juga sudah ditentukan, jangan seenaknya sendiri," kata Dudung kepada wartawan di Monumen Nasional, Jumat (20/11/2020).

Baca Juga: Pangdam Jaya Copot Baliho Rizieq Shihab, Kapolda Metro: Saya Dukung!

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya