Ma'ruf Amin Jadi Salah Satu Faktor Dukungan Gusdurian kepada Jokowi

Apakah seluruh warga NU Akan dukung Jokowi?

Jakarta, IDN Times - Putri kedua Presiden keempat RI almarhum Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Yenny Wahid telah mendeklarasikan dukungannya di Pilpres 2019. Yenny memutuskan untuk mendukung pasangan calon Presiden Petahana Joko "Jokowi" Widodo dan calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin dalam kontestasi politik mendatang.

Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Arsul Sani, menyampaikan bahwa adanya Ma'ruf yang dipilih sebagai pendamping Jokowi menjadi salah satu faktor datangnya dukungan dari Gusdurian tersebut.

1. Gusdurian dukung Jokowi, warga NU akan bulat juga mendukung

Ma'ruf Amin Jadi Salah Satu Faktor Dukungan Gusdurian kepada JokowiANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Arsul mengatakan, dengan adanya dukungan dari Gusdurian tersebut, secara tidak langsung telah membulatkan dukungan dari warga NU terhadap pasangan Jokowi-Ma'ruf. Menurutnya, apabila memang ada beberapa warga NU yang tidak menyatakan dukungan terhadap pasangan Jokowi-Ma'ruf, maka itu tidak akan dihitung signifikan.

"Kalau Gusdurian saja yang selama ini merupakan sayap NU yang cukup hati-hati dan cenderung mengambil jarak terhadap NU struktural seperti Kiai Ma'ruf Amin sudah memberikan dukungan, maka ini dapat dikatakan bahwa warga NU bulat mendukung paslon ini," kata Arsul saat dihubungi wartawan, Rabu (26/9).

2. Ma'ruf menjadi salah satu faktor dukungan Gusdurian mengarah pada Jokowi

Ma'ruf Amin Jadi Salah Satu Faktor Dukungan Gusdurian kepada JokowiANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Menjadinya Ma'ruf sebagai pendamping Jokowi, disebut Arsul memberikan pengaruh terhadap dukungan Gusdurian. Sehingga itu menjadi pertimbangan untuk NU.

"Salah satu pertimbangan Gusdurian mendukung paslon ini adalah juga karena cawapresnya dari NU," jelas Arsul.

Baca Juga: BREAKING: Dukung Jokowi-Ma'ruf, Ini 3 Hal tentang Yenny Wahid

3. Kubu Prabowo-Sandi tak dapat dukungan Gusdurian karena dianggap tidak ada respresentasi NU

Ma'ruf Amin Jadi Salah Satu Faktor Dukungan Gusdurian kepada Jokowi(Sandiaga Uno sowan ke kediaman keluarga Gus Dur) ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Dia pun menduga, dukungan Gusdurian tak diberikan kepada kubu pasangan calon Presiden Prabowo Subianto dan calon Wakil Presiden Sandiaga Uno, lantaran dari kubu penantang tidak respresentasi dari NU. Sehingga, dukungan Gusdurian mengarah kepada pasangan Jokowi-Ma'ruf.

"Berbeda dengan paslon sebelah yang tidak ada representasi NU-nya, malah cenderung dekat dengan elemen-elemen non-NU, sehingga sulit dapat dukungan dari warga NU," terangnya.

Ikuti terus berita-berita seputar Pemilu 2019 di Millennials Memilih IDN Times. #MillennialsMemilih.

Baca Juga: BREAKING: Dukung Jokowi-Ma'ruf, Yenny Pamerkan Lukisan Joko Widodo 

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya