Masjid Diminta Ikut Sebarkan Informasi Tentang COVID-19 Lewat Toa

Masjid juga bisa berperan dalam peningkatan fungsi sosial

Jakarta, IDN Times - Kementerian Agama meminta agar masjid ikut berperan dalam memberikan informasi terkait penyebaran virus corona atau COVID-19 kepada masyarakat. Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag Kamaruddin Amin mengatakan, penggunaan perangkat pengeras suara masjid atau toa memiliki peran penting terkait penyebaran informasi tersebut.

Akan kah efektif penyebaran informasi dengan mengandalkan toa masjid?

1. Masjid diharapkan bisa berperan dalam peningkatan fungsi sosial

Masjid Diminta Ikut Sebarkan Informasi Tentang COVID-19 Lewat ToaANTARA FOTO/Fauzan

Dengan begitu, menjadikan masjid tidak hanya sebagai tempat ibadah, tetapi juga fungsi sosial. “Kalau menurut kami, (penggunaan toa) bukan saja boleh, tetapi dianjurkan,” kata Kamaruddin melalui keterangan tertulisnya pada Jumat (12/6).

Baca Juga: Pakar: Indonesia Terlalu Memaksa New Normal saat Kondisi Gawat

2. Fungsi sosial masjid juga diatur dalam surat edaran yang dikeluarkan oleh Kemenag

Masjid Diminta Ikut Sebarkan Informasi Tentang COVID-19 Lewat ToaIDN Times/Debbie Sutrisno

Menurut Kamaruddin, hal itu juga diatur dalam Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020 Kementerian Agama, tentang kegiatan keagamaan inti dan kegiatan keagamaan sosial di rumah ibadah berdasarkan situasi riil menghadapi pandemik COVID-19.

"Dan dalam Surat Edaran Menteri Agama itu juga sudah ditegaskan di situ sesungguhnya. Jadi, ada fungsi agama, keagamaan, ada fungsi sosial keagamaan,” ujarnya.

3. Masyarakat bisa memanfaatkan masjid untuk aktivitas sosial penanggulangan COVID-19

Masjid Diminta Ikut Sebarkan Informasi Tentang COVID-19 Lewat ToaBantuan sosial untuk warga terdampak COVID-19 (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Lebih jauh ia menambahkan, penanganan COVID-19 sebagai bencana non alam tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja, melainkan harus melibatkan beberapa komponen tambahan lainnya seperti dunia usaha, akademisi, media massa, komunitas. Dalam hal ini aktivitas dan peran masjid berada dalam salah satu komponen tersebut.

"Sangat bagus sekali. Jadi, kami sangat setuju, dan justru menganjurkan untuk masyarakat bisa memanfaatkan masjid, untuk kegiatan-kegiatan produktif, yang bertujuan untuk mencegah penyebaran COVID-19,” tuturnya.

Baca Juga: [UPDATE] 126 Balita di Jakarta Terpapar Virus Corona

Topik:

Berita Terkini Lainnya