Mau ke Palu atau Donggala? Ini Rute Tercepat yang Bisa Dilewati

Bandara Mutiara SIS Al-Jufrie di Palu belum berfungsi normal

Palu, IDN Times - Gempa dan tsunami yang menerjang Kota Palu dan Kabupaten Donggala di Sulawesi Tengah pada Jumat (28/9) meluluhlantakkan seluruh bangunan dan sarana umum yang ada di sana, seperti jalan nasional hingga Bandar Udara (Bandara) Mutiara SIS Al-Jufrie yang ada di Kota Palu.

Tentu saja sangat sulit bagi sejumlah orang untuk bisa mengakses perjalan dengan cepat menuju ke wilayah tersebut dalam kondisi infrastruktur yang ada saat ini. Namun, bukan berarti tidak ada cara untuk bisa menuju ke sana. IDN Times pun mencoba merangkum perjalanan menuju Kota Palu dan Donggala dengan beberapa tahap.

1. Dari Jakarta transit ke Makassar

Mau ke Palu atau Donggala? Ini Rute Tercepat yang Bisa DilewatiANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Rusaknya landasan pacu dan pemandu lalu lintas udara atau ATC (Air Traffic Controller) mengakibatkan lumpuhnya sistem transportasi yang ada di Bandara Mutiara SIS Al-Jufrie, Kota Palu. Beberapa perjalanan pesawat udara dari dan menuju bandara tersebut untuk sementara waktu ditiadakan oleh otoritas setempat.

Oleh karena itu, kami yang berangkat dari Jakarta memutuskan untuk melakukan perjalan dari bandara Halim Perdana Kusuma untuk terlebih dahulu menuju ke bandara Sultan Hasanuddin Internasional yang ada di Kota Makassar dengan menempuh perjalanan kurang lebih 2,5 jam.

2. Dari Makassar ke Poso

Mau ke Palu atau Donggala? Ini Rute Tercepat yang Bisa DilewatiANTARA FOTO/Zainuddin Mn

Setibanya di bandara Sultan Hasanuddin Internasional Makassar, kalian harus melanjutkan perjalanan lagi menggunakan pesawat menuju bandara Kasiguncu yang ada di Poso. Disana kalian bisa menumpang pesawat berukuran sedang dengan menggunakan baling-baling yang menempuh waktu kurang lebih 1,5 jam.

Namun, untuk mempermudah perjalanan, ada baiknya terlebih dahulu kalian sudah memesan tiket terusan dari Makassar menuju Poso. Sebab, banyak sekali masyarakat yang ingin menuju ke sana dengan tujuan yang sama yaitu menuju Kota Palu melalui bandara Kasiguncu yang ada di Kota Poso.

Baca Juga: VIDEO: Detik-detik Jembatan Kuning Kebanggaan Warga Palu Roboh

3. Perjalanan darat dari Poso ke Palu

Mau ke Palu atau Donggala? Ini Rute Tercepat yang Bisa Dilewati(Warga terdampak tsunami Palu menunggu masuk ke dalam pesawat yang akan mengevakuasinya) ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Lalu apa yang dilakukan setelah sampai di bandara Kasiguncu yang ada di Kota Poso? Tentunya saja kalian harus menempuh perjalanan darat dari Kota Poso menuju Kota Palu. Kalian bisa menyewa sepeda motor atau mobil dengan menempuh jarak 200 Kilometer yang memakan waktu hingga 5 jam.

Update terus perkembangan kondisi Kota Palu dan Kabupaten Donggala paska gempa dan tsunami hanya di IDN Times.

Baca Juga: Kepala BNPB: Korban Jiwa Akibat Gempa di Palu 420 Orang

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya