Megawati Kritik Millennial Jangan Manja, PDIP: Itu Pesan Semangat

Millennial harus digembleng untuk membawa kemajuan Indonesia

Jakarta, IDN Times - Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto, angkat bicara soal pernyataan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang mempertanyakan sumbangsih millennial pada era demokrasi ini.

Megawati bahkan meminta Presiden Joko “Jokowi” Widodo untuk tidak memanjakan generasi millennial. Pernyataan itu disampaikan Megawati setelah meresmikan sejumlah kantor PDIP di daerah, yang juga bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda, Rabu, 28 Oktober 2020 lalu.

1. Pesan Megawati adalah semangat untuk generasi millennial

Megawati Kritik Millennial Jangan Manja, PDIP: Itu Pesan SemangatSekjen PDIP, Hasto Kristiyanto membuka sekolah partai secara virtual, Jumat (21/08/2020). Dok. PDIP

Menurut hasto, pesan itu merupakan semangat dari Megawati yang menginginkan agar anak muda Indonesia bisa jauh lebih baik, sebab mereka adalah generasi penentu masa depan bangsa.

“Ketika Ibu Megawati Soekarnoputri menyampaikan agar generasi millennial tidak dimanjakan, hal tersebut mengandung semangat dari sosok seorang Ibu Pejuang, yang terus memikirkan masa depan Indonesia,” kata Hasto melalui keterangan tertulisnya, Jumat (30/10/2020).

Baca Juga: Megawati Minta Millennials di PDIP untuk Fokus Penanganan COVID-19

2. Generasi millennial harus digembleng untuk membawa kemajuan bagi Indonesia

Megawati Kritik Millennial Jangan Manja, PDIP: Itu Pesan SemangatIlustrasi millennials (IDN Times/Panji Galih Aksoro)

Oleh sebab itu, Hasto berharap agar pesan dari ketumnya tersebut tidak dimaknai sebagai hal yang negatif dan harus menjadi motivasi untuk terus memandang jauh ke depan oleh para generasi muda.

“Ibu Mega berpesan, bahwa pemuda penentu masa depan bangsa, harus dilihat kekinian, bagaimana para pemuda-pemudi Indonesia menggembleng diri dan kesemuanya digerakkan oleh semangat untuk membawa kemajuan bagi Indonesia Raya,” ujarnya.

3. Hasto sebut kunci kemajuan bangsa adalah pendidikan dan kebudayaan

Megawati Kritik Millennial Jangan Manja, PDIP: Itu Pesan SemangatSekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto (Dok. PDI Perjuangan)

Dengan demikian, kata Hasto, inti sari peringatan Sumpah Pemuda adalah bagaimana para anak muda Indonesia saat ini, bisa memikirkan perbuatan terbaik bagi masa depan bangsanya.

"Jadi melihatnya adalah perspektif sekarang. Jika saat ini kita memiliki kaum muda yang hebat-hebat, maka kita akan lebih optimis menatap masa depan. Kunci dari kemajuan bangsa adalah pendidikan dan kebudayaan. Semua dijalankan dengan penuh semangat, dengan energi juang yang menyala-nyala,” tuturnya.

Baca Juga: Soroti Viral Tuduhan PKI, Megawati: Nanti Kalau Saya Di-Bully, Lawan!

4. Megawati geram dengan generasi millennial yang membakar fasilitas umum saat melakukan demonstrasi

Megawati Kritik Millennial Jangan Manja, PDIP: Itu Pesan SemangatKetua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Sebelumnya, Megawati menoroti soal sumbangsih millennial saat ini yang terus menerus melakukan demonstrasi. Meski demonstrasi tidak dilarang dan dijamin oleh undang-undang, namun Mega merasa geram jika penyampaian pendapat itu dilakukan seraya merusak fasilitas umum.

"Anak muda kita aduh, saya bilang sama presiden, jangan dimanja. Generasi kita generasi millennials. Saya mau tanya hari ini apa sumbangsihnya generasi millennial yang sudah tau teknologi seperti kita bisa viral," kata Megawati usai meresmikan sejumlah kantor Partai PDIP di daerah secara daring, Rabu (28/10/2020).

Baca Juga: Megawati: Susah-susah Bikin Halte Transjakarta, Enak Aja Dibakar

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya