Megawati Lantik Risma Jadi Ketua DPP PDIP

Risma dinilai telah berhasil membangun Surabaya

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri melantik Tri Rismaharini, yang merupakan Wali Kota Surabaya, sebagai Ketua Dewan Pengurus Pusat (DPP) PDIP bidang kebudayaan.

Tri Rismaharini yang akrab disapa Risma, dilantik di kantor pusat DPP PDI Perjuangan, Jalan Diponegoro, Jakarta, Senin (19/8).

Baca Juga: Besok, Risma Kunjungi Asrama Mahasiwa Papua di Surabaya

1. Risma dilantik langsung oleh Megawati

Megawati Lantik Risma Jadi Ketua DPP PDIPIDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Pelantikan Risma dihadiri sejumlah petinggi PDIP seperti Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Kepala Pusat Analisa dan Pengendali Situasi PDIP M. Prananda Prabowo, dan para ketua DPP dan wakil sekjen. Di antaranya adalah Puan Maharani, Nusyirwan Soejono, Hamka Haq, Ahmad Basarah, Djarot Saiful Hidayat, Ribka Tjiptaning, dan Arif Wibowo.

"Yang saya hormati dan cintai, Ibu Tri Rismaharini, yang pada kongres PDI Perjuangan kelima telah ditetapkan sebagai seorang DPP partai bidang kebudayaan, sesuai keputusan kongres, setiap DPP partai harus dilantik dengan mengucapkan janji jabatan yang dipandu ketua umum,” kata Megawati di DPP PDIP.

2. Risma dilantik sebagai ketua DPP karena prestasinya membangun Surabaya

Megawati Lantik Risma Jadi Ketua DPP PDIPIDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Megawati menjelaskan, Risma dilantik menjadi Ketua DPP bidang kebudayaan karena prestasinya membangun Kota Surabaya menjadi kota yang ramah lingkungan.

“Perubahan Surabaya luar biasa sekali antara lain lingkungan. Surabaya itu memang tempatnya panas, tapi akibat program-program yang namanya membangun taman, lalu tempat bermain dan banyak sekali dapat dilakukan Bu Risma. Di sisi lingkungan turun 2 derajat. Itu suatu hal yang luar biasa,” jelas Megawati.

3. Risma ditarik ke DPP untuk membesarkan partai

Megawati Lantik Risma Jadi Ketua DPP PDIPIDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Risma yang telah menjabat dua periode sebagai Wali Kota Surabaya, kata Mega, sudah waktunya ditarik oleh partai berlambang banteng tersebut untuk membangun Indonesia.

“Karena beliau sayangnya gak boleh lagi (jadi wali kota), hanya dua kali, jadi saya segera tarik ke DPP untuk bantu PDIP. Nanti banyak keliling Indonesia antara lain tugasnya mengkompilasi kearifan lokal kita,” ungkapnya.

4. Risma senang dipercaya jadi ketua DPP PDIP

Megawati Lantik Risma Jadi Ketua DPP PDIPIDN Times/Fitria Madia

Sementara itu, Risma mengaku senang atas pelantikannya tersebut dan mengucapkan terima kasih karena telah dipercaya ikut membesarkan partai.

“Nah saya senang sekali terus terang, saya membayangkan budaya ini bukan sekadar kesenian, bukan sekedar apa, tapi saya membayangkan saya bisa merakit persaudaraan anak bangsa. Itu yang saya bayangkan,” ucap Risma.

Baca Juga: Risma: Pemkot Tak Pernah Mengusir Mahasiswa Papua di Surabaya

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya