Megawati Resmikan 13 Kantor Baru PDIP dan Patung Soekarno

Sekjen PDIP pastikan kantor partai terbuka untuk pemuda

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri meresmikan 13 kantor, satu patung Soekarno dan satu sekolah partai milik organisasi berlambang banteng moncong putih itu. Peresmian aset partai itu dilakukan secara daring bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda, Rabu (28/10/2020).

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, Megawati sering berpesan bahwa kantor partai harus menjadi pusat pengorganisasian seluruh kegiatan partai.

1. Kantor DPD Yogyakarta dipersembahkan khusus untuk Megawati

Megawati Resmikan 13 Kantor Baru PDIP dan Patung SoekarnoSekjen PDIP Hasto Kristiyanto membuka sekolah partai secara virtual, Jumat (21/08/2020) (Dok. PDIP)

Hasto menjelaskan, semua kantor yang telah diresmikan itu diatasnamakan DPP Partai, sebagai aset yang bersifat tetap dan tidak bisa diperjualbelikan.

"Dalam momen ini Kantor PDI Perjuangan DPD Yogyakarta jadi persembahan khusus kepada Ibu Ketua Umum. Apalagi beliau lahir di Yogyakarta. Didesain khusus," kata Hasto melalui konferensi pers secara daring.

Baca Juga: Megawati: Saya Banyak Pecat Kader yang Gak Nurut!

2. Kantor partai akan digunakan untuk pusat kebudayaan dan kaderisasi partai

Megawati Resmikan 13 Kantor Baru PDIP dan Patung SoekarnoSekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto (kanan) rakerda DPD PDI-P Sulsel di Hotel Claro Makassar, Kamis (12/3/2020). (IDN Times/Asrhawi Muin)

Dia menekankan, 13 kantor partai yang sudah diresmikan itu akan menjadi pusat kebudayaan, kaderisasi dan roda organisasi. Selain itu, Hasto juga mengajak anak muda untuk berkreasi dan menumpahkan gagasannya di dalam kantor PDIP yang ada di seluruh Indonesia.

"Kantor rakyat terbuka untuk pemuda, karena pada dasarnya PDI Perjuangan menyatu dengan pemuda. Bung Karno pun memberikan penghormatan atas para tokoh yang telah menghadiri Kongres Pemuda, di mana Sumpah Pemuda membawa satu kesatuan konsekuensi politik, konsekuensi sosial, berjuang untuk memperoleh kemerdekaan Indonesia membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujar Hasto.

3. Megawati juga meresmikan sebuah patung Soekarno

Megawati Resmikan 13 Kantor Baru PDIP dan Patung SoekarnoKetua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri resmikan 13 kantor DPD baru (Dok. PDI Perjuangan)

Adapun Kantor PDIP yang diresmikan ialah Kantor PDI Perjuangan DPD Yogyakarta, Kantor DPD Sulawesi Tenggara, Kantor DPC Kabupaten Ogan Ilir, Kantor DPC Kabupaten Blitar, Kantor DPC Kabupaten Belitung dan Kantor DPC Kabupaten Bangka.

Kemudian, Kantor DPC Kabupaten Bangka Tengah, Kantor DPC Kabupaten Belitung Timur, Kantor DPC Kota Kediri, Kantor DPC Kabupaten Gowa, Kantor DPC Kabupaten Jeneponto, Kantor DPC Kabupaten Toraja Utara dan Kantor DPC Kabupaten Luwu Utara.

Selain itu, Megawati juga meresmikan sebuah Patung Soekarno di Yogyakarta dan Wisma Sekolah Partai di Batu, Jawa Timur.

"Kantor Partai wajib mendidik para pemuda Indonesia agar memiliki jiwa pelopor yang digerakkan oleh semangat cinta kepada Tanah Air,” tuturnya.

Baca Juga: Megawati: Kalau Hanya Aksi-aksian, Jangan Harap Diusung PDIP Dua Kali

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya