Melayat Artidjo Alkostar di Yogyakarta, Jokowi Salat Jenazah

Jenazah Artidjo Alkostar dimakamkan di Yogyakarta hari ini

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko “Jokowi” Widodo hadir melayat mendiang Artidjo Alkostar di Masjid Ulil Albab, Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia (UII), Yogyakarta pada Senin (1/3/2021) pagi. Artidjo meninggal dunia pada usia 72 tahun pada Minggu, 28 Februari 2021. 

"Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Kemarin Minggu telah berpulang ke rahmatullah Bapak Artidjo Alkostar. Kita telah kehilangan putra terbaik bangsa," kata Jokowi melalui keterangan tertulisnya, Senin (1/3/2021).

Baca Juga: [BREAKING] Innalillahi, Mantan Hakim Agung MA Artidjo Alkostar Meninggal Dunia 

1. Jokowi ikut salatkan jenazah Artidjo Alkostar

Melayat Artidjo Alkostar di Yogyakarta, Jokowi Salat JenazahPresiden Joko Widodo datang melayat ke mendiang Artidjo Alkostar di Masjid Ulil Albab, Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia (UII), Yogyakarta pada Senin (1/3/2021) (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Dalam kesempatan itu, Jokowi datang didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan turut menyalatkan jenazah setibanya di masjid Ulil Albab UII sekitar pukul 08.00 WIB.

Presiden memiliki kenangan tersendiri terhadap Artidjo Alkostar semasa hidupnya. Kepribadian dan integritasnya tak perlu diragukan lagi dan menjadi teladan bagi para penegak hukum dan peradilan.

"Beliau adalah penegak hukum, hakim agung, dan Dewan Pengawas KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) yang sangat rajin, jujur, memiliki integritas yang tinggi," kata Jokowi.

2. Jenazah Artidjo akan dimakamkan hari ini di Kompleks Pemakaman UII pukul 10.00 WIB

Melayat Artidjo Alkostar di Yogyakarta, Jokowi Salat Jenazah(Mantan Hakim Agung Artidjo Alkostar) ANTARA FOTO/Galih Pradipta

Usai menyampaikan belasungkawa, Presiden Jokowi berdoa untuk almarhum agar diberikan tempat terbaik di sisi-Nya. Tak lama setelah itu, Presiden berpamitan meninggalkan lokasi.

"Atas nama pemerintah kami menyampaikan dukacita mendalam," ucap Jokowi.

Jenazah Artidjo rencananya akan dimakamkan di Kompleks Pemakaman UII yang akan dimulai sekitar pukul 10.00 WIB.

3. Artidjo dikenal sebagai Hakim Agung yang ditakuti koruptor

Melayat Artidjo Alkostar di Yogyakarta, Jokowi Salat JenazahMantan Hakim Agung Artidjo Alkostar. (IDN Times/Santi Dewi)

Artidjo Alkostar dikenal sebagai Hakim Agung yang yang sangat berintegritas, jujur, dan tak ragu dalam penegakan hukum. Nama Artidjo sempat menjadi sorotan semasa menjabat sebagai Hakim Agung karena disegani dan ditakuti para koruptor.

Artidjo banyak menangani perkara besar, termasuk kasus-kasus korupsi besar di negeri ini. Mulai dari kasus korupsi mantan presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Luthfi Hasan Ishaaq, mantan ketua umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum, mantan anggota DPR Fraksi Partai Demokrat Angelina Sondakh, dan sejumlah kasus korupsi besar lainnya.

Di pengujung hidupnya, Artidjo Alkostar menjadi anggota Dewan Pengawas (Dewas) KPK periode 2019-2023. Artidjo dilantik Presiden Jokowi Widodo pada Desember 2019.

Baca Juga: Profil Artidjo Alkostar, Mantan Hakim Agung MA yang Ditakuti Koruptor

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya