Menkes: Cegah Virus Corona, Jangan Lembur Terus

Menkes berbagi tip terhindar dari virus Corona

Jakarta, IDN Times - Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto berbagi tip kepada masyarakat, agar terhindar dari penularan virus Corona yang saat ini sedang mewabah di berbagai negara.

Terawan mengatakan, hal paling mendasar yang harus dijaga adalah imunitas atau sistem kekebalan tubuh. Virus akan mudah masuk ke dalam tubuh jika sistem kekebalan tubuh seseorang lemah.

1. Rajin olahraga dan istirahat yang cukup

Menkes: Cegah Virus Corona, Jangan Lembur Terus(Petugas Kesehatan Karantina Bandara Soekarno Hatta bersiap melakukan pemeriksaan acak suhu badan penumpang yang baru mendarat di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten) ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

Untuk mencegah terjangkit virus Corona, masyarakat perlu meningkatkan imunitas tubuh dengan gerakan hidup sehat. Pertama, adalah rajin berolahraga dan istirahat yang cukup.

“Minum cukup, istirahat cukup, jangan lembur terus ya imunitas turun. Olahraga ya juga secukupnya, jangan berlebihan sampai capek, teler, juga gak baik. Jadi semuanya harus terukur, jaga imunitas kita untuk siap-siap melawan virus,” ujar dia usai rapat terbatas (ratas) bersama Presiden Joko “Jokowi” Widodo dan menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana, Jakarta, Selasa (28/1).

Baca Juga: Gara-gara Virus Corona, Anak Wali Kota Tarakan di Sanghai Diusir

2. Menjaga pola makan yang sehat dengan gizi seimbang

Menkes: Cegah Virus Corona, Jangan Lembur TerusKementerian Kesehatan menggelar jumpa pers update Virus Corona di Gedung Kemenkes, Jakarta, Senin (27/1). (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Selain rajin berolah raga dan istirahat yang cukup, tip kedua adalah menjaga pola makan yang sehat dengan gizi yang seimbang. 

“Makan cukup, istirahat cukup, makan gizi berimbang lah, makan berlebihan juga gak sehat,” kata Menkes.

3. Korban meninggal dunia akibat virus Corona mencapai 106 orang

Menkes: Cegah Virus Corona, Jangan Lembur TerusInfografis virus Corona yang telah menyebar ke 13 negara, selain Tiongkok, pada 28 Januari 2020. (IDN Times/Arief Rahmat)

Berdasarkan laporan terbaru korban meninggal dunia akibat virus Corona per Selasa (28/1) adalah 106 orang. Sedangkan, jumlah kasus Corona di Tiongkok naik menjadi 4.515 kasus, dari data sebelumnya 2.835 kasus dari Komisi Kesehatan Nasional.

4. Pemerintah Tiongkok memperpanjang waktu libur Imlek

Menkes: Cegah Virus Corona, Jangan Lembur TerusSuasana jalan setelah pemerintah Wuhan mengumumkan untuk melarang kendaraan tidak penting di daerah pusat kota untuk membatasi penularan virus corona baru, pada hari kedua Tahun Baru Imlek, di Wuhan, provinsi Hubei, Tiongkok, pada 26 Januari 2020. (ANTARA FOTO/cnsphoto via REUTERS)

Guna mencegah penyebaran virus Corona, pemerintah Tiongkok melakukan beberapa cara untuk menunda negara mereka kembali ke rutinitas normal. Salah satunya memperpanjang waktu libur Imlek hingga pekan mendatang. Menurut koresponden BBC, kebijakan ini di luar kebiasaan yang dilakukan Tiongkok. 

Otoritas di Shanghai juga masih menghentikan kegiatan bisnis sementara waktu. Mereka baru membuka kembali pusat bisnis pada 10 Februari mendatang. Larangan beroperasi itu berlaku untuk semua perusahaan, termasuk perusahaan medis, pemasok kebutuhan medis, dan supermarket. 

Kebijakan lain yang sudah diberlakukan sejak pekan lalu yakni otoritas Kota Wuhan yang mengisolasi kotanya. Tidak boleh ada transportasi yang masuk dan keluar dari kota yang berada di Provinsi Hubei, Tiongkok ini. Diharapkan dengan kebijakan ini bisa mengurangi penyebaran virus Corona.

Menkes: Cegah Virus Corona, Jangan Lembur TerusIDN Times/Arief Rahmat

Baca Juga: Korban Meninggal Akibat Virus Corona Bertambah Jadi 106 Orang 

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya