Comscore Tracker

Menlu: Karantina 78 WNI di Kapal Diamond Princess Berakhir 2 Hari Lagi

Setelah karantina selesai, ada masa observasi selama 4 hari

Jakarta, IDN Times - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan masa karantina bagi 78 warga negara Indonesia yang berada di Kapal Pesiar Diamond Princess akan berakhir pada 19 Februari mendatang.

Retno mengatakan sebanyak 78 WNI tersebut merupakan pekerja di kapal pesiar itu, bukan sebagai penumpang. Mereka menjalani karantina sejak ada penumpang dalam kapal tersebut yang dinyatakan positif virus corona pada 3 Februari.

1. Informasi tersebut berdasarkan keterangan otoritas Jepang

Menlu: Karantina 78 WNI di Kapal Diamond Princess Berakhir 2 Hari LagiAnggota keluarga penumpang yang berada di atas kapal pesiar Diamond Princess, di mana puluhan penumpang teruji positif virus corona, melambaikan tangan dan berbicara dengan mereka melalui telepon di Terminal Kapal Pesiar Daikoku, Yokohama, Jepang, pada 11 Februari 2020. ANTARA FOTO/REUTERS/Issei Kato

Informasi mengenai berakhirnya masa karantina itu didapatkan Menlu dari otoritas Jepang yang terus melakukan koordinasi dan komunikasi dengan pemerintah Indonesia.

“Masa karantina ini akan berakhir pada 19 Februari. Jadi sekarang adalah 17 Februari, yang berarti akan ada 2 hari lagi, setelah itu akan dilakukan pengecekan,” kata Menlu di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (17/2).

Baca Juga: Ini Cara Tamu di Kapal Pesiar Diamond Princess Rayakan Hari Valentine

2. Tim KBRI Tokyo pantau kesehatan 78 WNI tersebut

Menlu: Karantina 78 WNI di Kapal Diamond Princess Berakhir 2 Hari LagiPenumpang meregangkan badan di balkon kabin kapal pesiar Diamond Princess, dimana lusinan penumpang positif virus corona baru, di Daikoku Pier Cruise Terminal di Yokohama, selatan Tokyo, Jepang, pda 10 Februari 2020. ANTARA FOTO/REUTERS/Kim Kyung-Hoon

Retno menjelaskan, tim KBRI Tokyo sudah berkomunikasi dan memantau kesehatan 78 WNI itu sembari memberikan bantuan logistik yang dibutuhkan oleh mereka.

“Sampai detik terakhir mereka masih dalam kondisi baik dengan kondisi spirit yang cukup baik. Mudah-mudahan situasinya tak berubah. Tapi sekali lagi ini adalah sebuah proses yang terus jalan dari waktu ke waktu. Nanti kalau ada update berbeda, kami akan persiapkan,” ujarnya.

3. Setelah karantina selesai, masih ada masa observasi selama 4 hari

Menlu: Karantina 78 WNI di Kapal Diamond Princess Berakhir 2 Hari Lagi(Karantina di Kapal Pesiar Diamond Princess) ANTARA FOTO/Mandatory credit Kyodo/via REUTERS

Retno mengatakan dirinya juga telah berkoordinasi dengan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. Ia meminta kepada Menkes untuk segera mengirim tim dalam rangka penjemputan 78 WNI itu setelah masa karantina berakhir.

Namun, setelah masa karantina berakhir, mereka harus menjalani masa observasi kembali selama empat hari hingga benar-benar dipastikan sehat dan kembali pulang ke Tanah Air.

“Jadi sekitar tanggal 23-24, sekali lagi itu perkiraan, berdasarkan informasi dari otoritas Jepang, maka mereka kembali sudah tak memerlukan masa observasi lagi. Karena masa observasi sudah dilaksanakan di kapal tersebut. Jadi saya akan terus berkoordinasi dengan Menteri Kesehatan,” tuturnya.

4. Kapal pesiar Diamond Princess bagai penjara yang mengambang

Menlu: Karantina 78 WNI di Kapal Diamond Princess Berakhir 2 Hari LagiKapal pesiar Diamond Princess berlabuh di pelabuhan Yokohama, setelah sepuluh orang dalam perjalanan pesiar teruji positif atas virus korona di Yokohama, selatan Tokyo, Jepang, (5/2). ANTARA FOTO/REUTERS/Kim Kyung-Hoon/wsj/djo

Kapal pesiar Diamond Princess yang mengangkut 3.700 penumpang bagai penjara mengambang. Musababnya, penumpang yang ada di kapal tak diperkenankan turun setelah 10 orang di atas kapal terkonfirmasi positif virus corona pada 3 Februari waktu setempat.

Kini jumlahnya terus bertambah, demi mencegah penyebaran, ribuan orang terjebak lantaran harus menjalani serangkaian observasi. Rupanya, dari ribuan penumpang itu ada 78 Warga Negara Indonesia (WNI).

“Betul, terdapat 78 kru WNI yang bekerja di dalam kapal Diamond Princess. Keseluruhan WNI saat ini dalam kondisi sehat," ungkap Direktur Perlindungan WNI Kemenlu, Judha Nugraha pada Sabtu (8/2) melalui keterangan tertulis.

Menlu: Karantina 78 WNI di Kapal Diamond Princess Berakhir 2 Hari LagiCara pencegahan virus corona dan nomor penting yang bisa dihubungi terkait virus Corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Baca artikel menarik lainnya di IDN App. Unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: WNI Dikarantina di Kapal Diamond Princess Minta Dikirimi Tolak Angin

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya