Comscore Tracker

Menpar Targetkan 1 Juta Wisatawan Mancanegara ke Tanjung Lesung

Pendapatannya ditaksir mencapai Rp 14 triliun

Jakarta, IDN Times - Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menargetkan 1 juta wisatawan mancanegara (wisman) datang berwisata ke Tanjung Lesung paska tsunami yang menerjang wilayah tersebut beberapa waktu lalu.

Oleh karena itu, perbaikan sejumlah tempat wisata di kawasan tersebut mulai dikebut pegerjaannya agar bisa beroperasi kembali.

1. Menpar mendorong 1 juta wisman hadir ke tanjung lesung

Menpar Targetkan 1 Juta Wisatawan Mancanegara ke Tanjung LesungIDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Hal itu disampaikan langsung oleh Arief Yahya saat menghadiri acara bertajuk “Sosialisasi Jurnalisme Ramah Pariwisata Dalam Rangka Gerakan Sadar Wisatawan”.

“Pemerintah harakan berapa (wisman) dari Tanjung Lesung? Kita harapkan 1 juta wisman,” kata Arief Yahya di Beach Club, Tanjung Lesung, Senin (1/4).

Baca Juga: Usai Tsunami, KEK Tanjung Lesung Bebenah

2. Keuntungan yang didapat mencapai Rp14 triliun

Menpar Targetkan 1 Juta Wisatawan Mancanegara ke Tanjung LesungFitang

Ia menjelaskan, kehadiran para wisman tersebut dapat menghidupkan kembali perekonomian Kabupaten Pandeglang yang sempat lumpuh akibat tsunami.

“Jadi kira-kira (pendapatan) Rp 1 miliar dolar atau dalam kurs rupiah sekarang Rp14 triliun,” terangnya.

3. Menpar pastikan Tanjung Lesung aman dikunjungi

Menpar Targetkan 1 Juta Wisatawan Mancanegara ke Tanjung LesungIDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Arief juga memastikan kepada wisatawan asing dan domestik untuk tidak perlu khawatir berkunjung ke kawasan Tanjung Lesung dan sekitarnya karena telah dinyatakan aman untuk dikunjungi.

“Atas nama masyarakat dan seluruh pemangku kepentingan di Provinsi Banten dan Lampung, dengan ini saya menyatakan kawasan Selat Sunda sudah aman dikunjungi,” ungkapnya.

4. Pemulihan Tanjung Lesung ditargetkan selesai pada bulan Juni

Menpar Targetkan 1 Juta Wisatawan Mancanegara ke Tanjung LesungFitang

Menpar juga memberikan tenggat waktu kepada pihak Banten West Java (BWJ) agar segera mempercepat perbaikan wilayah Tanjung Lesung agar pada bulan Juni mendatang wisatawan bisa kembali menikmati liburan di kawasan tersebut.

“Pemulihan akan lebih cepat, jadi 6 bulan sudah selesai Selat Sunda ini, kedua kita bisa dukung program-program dari Kabupaten (Pandeglang) ini dengan 3 cara yaitu pemilihan SDM, pemasaran dan destinasi,” pungkasnya.

Baca Juga: Tsunami Terjang Tanjung Lesung, Kerugian Ditaksir Rp150 Miliar

Topic:

  • Fitang Budhi Adhitia
  • Dwi Agustiar

Just For You