Comscore Tracker

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin: Belum Ada Panggilan dari KPK

Lukman Hakim belum menanggapi penyitaan uang dari ruangannya

Bogor, IDN Times - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan dirinya belum menerima panggilan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait penyitaan uang ratusan juta rupiah yang diambil dari ruangannya oleh penyidik lembaga antirasuah tersebut.

"Belum ada (panggilan)," kata Menteri Lukman saat menghadiri musyawarah kerja nasional (Mukernas) Persatuan Pembangunan (PPP) di Cisarua, Bogor, Rabu (21/3) malam.

1. Lukman Hakim tidak mau menanggapi penyitaan uang ratusan juta di ruang kerjanya

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin: Belum Ada Panggilan dari KPK(Ruang kerja Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin disegel oleh KPK) Istimewa

Menteri Lukman sempat bungkam ketika diminta awak media untuk menjelaskan ihwal penyitaan uangnya tersebut. Ia beralasan bahwa saat ini dirinya belum patut menyampaikan kepada publik sebelum ada panggilan resmi dari KPK.

"Secara etis, tidak layak tidak patut kalau saya menyampaikan hal-hal yang terkait dengan materi perkara, sebelum saya menyampaikan secara resmi ke KPK," terangnya.

Baca Juga: KPK Sebut Uang di Laci Meja Kerja Lukman Hakim Bukan Honor Menteri

2. Lukman Hakim akan berbicara setelah resmi dipanggil oleh KPK

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin: Belum Ada Panggilan dari KPK(Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin ketika memberikan keterangan pers) ANTARA FOTO/Nalendra

Lukman mengatakan, dirinya hanya ingin menghormati institusi negara untuk memberikan keterangan terlebih dulu terhadap KPK. Namun ia berjanji akan berbicara kepada publik setelah dirinya dimintai keterangan oleh KPK.

"Saya belum bisa saat ini untuk menyampaikan segala sesuatu yang terkait dengan hal ini. Tapi pada saatnya nanti setelah saya menyampaikan secara resmi kepada KPK saya akan sampaikan," pungkasnya.

3. Kepada Arsul Sani, Lukman Hakim mengatakan itu adalah uang honor selama menjadi menteri

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin: Belum Ada Panggilan dari KPKIDN Times/Fitang Budhi

Sementara itu, Sekjen PPP Arsul Sani yang mengenal dekat Lukman Hakim mengatakan sempat meminta klarifikasi kepada Lukman terkait uang tersebut. Kepada Arsul, Lukman menjelaskan bahwa uang tersebut bukan hasil korupsi.

“Pak Menteri Agama menyampaikan 'Mas itu tidak ada uang yang aneh-aneh, itu semua uang itu adalah semua honor-honor saya selama menjadi menteri dan itu ada dalam begitu banyak amplop’. Kira-kira seperti itu tapi itu semuanya adalah uang sah, halal,” ujar Arsul.

Baca Juga: ICW: Politisi Tergiur dengan Anggaran di Kemenag Mencapai Rp62,1 T

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya