Menteri PPPA: Hari Ibu Bukanlah Sekadar Mothers Day

Perempuan harus memiliki daya saing tinggi

Jakarta, IDN Times - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga mengingatkan peringatan Hari Ibu bukanlah sekadar selebrasi belaka.

Makna Hari Ibu, kata Bintang, lebih pada memberikan ruang gerak dan dorongan semangat terhadap perempuan untuk terus berjuang, mengeksplorasi diri, dan menginspirasi sesama.

1. Perempuan diharapkan dapat memiliki daya saing untuk mewujudkan SDM berkualitas

Menteri PPPA: Hari Ibu Bukanlah Sekadar Mothers DayMenteri PPPA Bintang Puspayoga (Dok. Humas KPPA)

Bintang mengatakan perempuan harus lebih berdaya, memiliki daya ungkit besar dalam meningkatkan kualitas hidup, demi mewujudkan SDM yang berkualitas serta berdaya saing.

"Hal tersebut merupakan fokus pembangunan PPPA sesuai visi Presiden RI Joko Widodo dalam mewujudkan pembangunan SDM yang unggul,” ujar Bintang saat Konferensi Pers Peringatan Hari Ibu ke-91 di Kota Semarang, Jawa Tengah, dalam keterangan tertulis, Minggu (22/12).

Baca Juga: 3 Pesan Istri Wapres Ma'ruf Amin untuk Ibu-Ibu Indonesia 

2. Menteri Bintang memberi penghargaan kepada tujuh lembaga masyarakat

Menteri PPPA: Hari Ibu Bukanlah Sekadar Mothers DayMenteri PPPA Bintang Puspayoga (Dok. Humas KPPA)

Dalam acara tersebut, Bintang menyerahkan Penghargaan Inovasi Publik Pemberdayaan Perempuan dan Anak, kepada tujuh lembaga masyarakat, sebagai upaya memberikan apresiasi dan dukungan. Para peraih penghargaan ini dinilai telah berkontribusi meningkatkan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak di tengah masyarakat.

“Saya harap semangat dan pengabdian dari para inovator dapat terus hidup, sehingga pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak akan semakin meningkat dan dirasakan masyarakat. Kami juga berharap inovasi-inovasi terbaik ini dapat menjadi contoh untuk ditiru dalam meningkatkan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak di berbagai daerah,” ujar Menteri PPPA.

3. KPPPA membuat kesepakatan dengan Komnas Perempuan

Menteri PPPA: Hari Ibu Bukanlah Sekadar Mothers DayMenteri PPPA Bintang Puspayoga (Dok Humas KPPA)

Menteri PPPA juga melakukan penandatanganan Kesepakatan Bersama (MoU) dengan Komisi Nasional Anti Kekerasan Terhadap Perempuan (Komnas Perempuan) dan Forum Pengada Layanan bagi Perempuan Korban Kekerasan (FPL).

“MoU tersebut menyepakati tentang Sinergi Data dan Pemanfaatan Sistem Pendokumentasian Kasus Kekerasan terhadap Perempuan untuk Pemenuhan Hak Asasi Perempuan,” kata Bintang.

4. Kesepakatan diharapkan dapat meningkatkan pelayanan kepada perempuan dan anak

Menteri PPPA: Hari Ibu Bukanlah Sekadar Mothers DayMenteri PPPA Bintang Puspayoga (dok Humas KPPA

Ke depan, kata Bintang, kesepakatan bersama ini diharapkan dapat meningkatkan mutu pelayanan perlindungan bagi perempuan melalui sinergi data dan dokumentasi kasus kekerasan terhadap perempuan.

“Rangkaian kegiatan PHI ke-91 ini diharapkan dapat bermanfaat bagi semua pihak, khususnya bagi perempuan pelaku usaha untuk mengembangkan diri dan menjadi wirausaha yang berkembang, handal, dapat membangun jejaring, dan meningkatkan kemitraan dan sinergi, serta dapat lebih meningkatkan taraf hidup masyarakat,” kata dia.

 

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Cocok untuk Hari Ibu, Ini 5 Kalimat yang Perlu Didengar Ibu Bekerja

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya