PDIP akan Umumkan 75 Calon Kepala Daerah Jelang Perayaan HUT RI

PDIP optimistis dapat memenangkan Pilkada 2020

Jakarta, IDN Times - Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya akan kembali mengumumkan 75 pasangan calon kepala daerah (Cakada) yang akan mengikuti Pilkada Serentak 2020.

Kendati demikian, Hasto tak mau menyebutkan detail nama atau daerah mana saja yang akan diumumkan. Yang jelas, kata dia, publik masih menunggu nama calon kepala daerah yang akhirnya akan diusung partainya untuk wilayah Kota Medan dan Surabaya.

1. PDIP enggan menyebut siapa saja nama-nama Cakada yang akan diumumkan

PDIP akan Umumkan 75 Calon Kepala Daerah Jelang Perayaan HUT RISekjen PDIP Hasto Kristyanto (IDN Times/Khaerul Anwar)

Nama menantu Presiden Joko “Jokowi” Widodo, Bobby Nasution disebut-sebut akan muncul di Pilwakot Medan. Sementara di Surabaya, Tri Rismaharini sudah tak bisa maju lagi karena telah dua kali menjabat sebagai wali kota.

"Untuk yang selanjutnya, akan kami umumkan 75 pasangan calon sekaligus," kata Hasto melalui keterangan tertulisnya, Selasa (4/8/2020).

Baca Juga: Lawan PDIP-Gerindra, PPP Dukung PKS Usung Idris-IBH di Pilkada Depok

2. Pengumuman 75 nama cakada akan diumumkan berdekatan dengan HUT RI

PDIP akan Umumkan 75 Calon Kepala Daerah Jelang Perayaan HUT RIPDI Perjuangan umumkan 45 bakal calon kepala daerah di Pilkada Serentak 2020 (Dok. IDN Times/PDI Perjuangan)

Soal waktu pengumuman, Hasto menuturkan akan dilaksanakan berdekatan dengan perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-75 pada 17 Agustus mendatang. Menurut dia, politik itu memerlukan kalkulasi, semua diperhitungkan dengan matang. Maka itu calon kepala daerah tak asal diumumkan.

"(Pengumuman) sekaligus membangun spirit patriotisme nasionalisme dalam rangka kemerdekaan Indonesia. Dalam waktu dekat kami akan umumkan," ujarnya.

3. PDIP akan melakukan pendaftaran cakada pada 4 September secara serentak

PDIP akan Umumkan 75 Calon Kepala Daerah Jelang Perayaan HUT RIPDIP serahkan data kepengurusan daerah ke KPU (Dok. PDI Perjuangan)

Lebih jauh Hasto menambahkan, pihaknya juga akan melaksanakan pendaftaran secara serentak untuk calon kepala daerah yang diusung di Pilkada 2020. Rencananya akan dilaksanakan pada 4 September mendatang.

"PDI Perjuangan akan melakukan pendaftaran itu pada hari pertama secara serentak pada tanggal 4 September 2020 itu bertepatan dengan hari Jumat. Nanti setelah jumatan. Kami menyesuaikan waktu Indonesia timur, tengah, dan barat," tuturnya.

4. PDIP optimistis calon kepala daerah yang diusungnya akan menang di Pilkada 2020

PDIP akan Umumkan 75 Calon Kepala Daerah Jelang Perayaan HUT RIKetua Umum PDI Perjuangan resmikan 22 kantor cabang partai dan monumen mutiara bangsa sukarno (Dok. IDN Times/PDI Perjuangan)

Hasto juga menyatakan kepercayaan diri pihaknya atas kemampuan para calon kepala daerah yang diusung partainya di Pilkada 2020. Sebab semua nama dihasilkan berdasar proses yang sehat, penuh gagasan, dan berbasis komitmen membangun masa depan yang lebih baik.

"Kami punya akar kuat di grassroot, dan kami mempersiapkan calon kepala daerah kami dengan sebaiknya. Kami punya strategi gotong royong, strategi komunikasi baik, dan sekolah calon kepala daerah," ujarnya.

"Maka siapapun calon kepala daerah yang diusung PDI Perjuangan, pasti akan siap berkontestasi secara sehat dan demokratis, melawan calon independen dan parpol lain," imbuhnya.

Baca Juga: Hasto Klaim Kader PDIP Paling Sedikit Jadi Pejabat Publik dan BUMN

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya