Comscore Tracker

PDIP Gelar Syukuran Pelantikan Jokowi-Ma’ruf Amin di Tugu Proklamasi

Apa alasan PDIP menggelar syukuran di Tugu Proklamasi?

Jakarta, IDN Times - PDI Perjuangan menggelar acara syukuran sekaligus potong tumpeng atas selesainya prosesi pesta demokrasi yang ditandai dengan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Joko “Jokowi” Widodo-Ma'ruf Amin di Gedung DPR/MPR, Jakarta, Minggu (20/10).

Acara tersebut diselenggarakan di Tugu Proklamasi, Jakarta dengan dihadiri oleh Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto dan Ketua DPP Djarot Saiful Hidayat.

Hasto mengatakan, kepemimpinan Jokowi diharapkan menjadi momentum kader PDI Perjuangan untuk mengawali Indonesia menjadi pemimpin dunia.

"Kita kekuatan utama Jokowi-Ma’ruf Amin. Bu Megawati Soekarnoputri juga berpesan agar kita bersatu dengan rakyat. Berpesan agar tidak kenal lelah membangun peradaban," kata Hasto di hadapan kader PDI Perjuangan yang hadir di Tugu Proklamasi, Jakarta.

Hasto menjelaskan, PDI Perjuangan sengaja menggelar acara potong tumpeng di Tugu Proklamasi untuk membawa semangat kemenangan sekaligus mengenang kemerdekaan yang ditandai dengan pembacaan teks proklamasi oleh Bung Karno.

"Dalam pidato Pak Jokowi, nyata-nyata bahwa Indonesia merdeka punya visi internasional, global, melindungi segenap tumpah darah. Bahwa kemerdekaan kita adalah membangun persaudaraan dunia. Karena itu visi kita perlu haluan negara, visi jangka panjang, bagaimana pertanian maju, teknologi maju dan anak-anak maju," ujarnya.

Hasto mengingatkan saat Indonesia merdeka di bawah Soekarno, negara mampu menjadi pemimpin di Asia-Afrika pada 1955. Hasto juga menginginkan semangat itu hadir dalam kepemimpinan Jokowi. Salah satunya dengan pembenahan sumber daya manusia.

"Kita bukan bangsa pengemis, pemohon atau peminta-minta. Kita adalah bangsa yang berdiri di atas kaki sendiri," tegas Hasto.

Baca Juga: PDIP: Jadi Menteri Bukan untuk Kibarkan Bendera Capres 2024

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya