PDIP akan Umumkan Paslon Pilkada Gelombang Kedua pada 17 Juli

Pilkada jadi momentum PDIP untuk perkuat konsolidasi partai

Jakarta, IDN Times - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, partainya sudah merampungkan rekomendasi dukungan untuk seluruh daerah basis di Pilkada serentak pada Desember 2020 mendatang.

Ia menegaskan, PDI Perjuangan akan terus melakukan konsolidasi total untuk memenangkan pesta rakyat tersebut.

Sebelumnya, gelombang pertama pengumuman dukungan PDI Perjuangan di Pilkada sudah dilakukan pada tanggal 19 Februari 2020. Ada 48 pasangan calon yang resmi mendapat dukungan PDI Perjuangan baik untuk Pilgub mau pun Pilkada kabupaten/kota.

1. PDIP akan rampungkan rekomendasi paslon di daerah klaster III

PDIP akan Umumkan Paslon Pilkada Gelombang Kedua pada 17 JuliSekjen PDIP Hasto Kristiyanto (IDN Times/Fitang Budhi Adhitia)

Hasto menyebut, bagi PDI Perjuangan Pilkada adalah momentum untuk memperkuat kelembagaan Partai di dalam menyiapkan pemimpin.

"PDI Perjuangan sudah menyelesaikan rekomendasi di daerah basis, dan kini fokus kami menyelesaikan rekomendasi daerah klaster III, yaitu daerah dengan perolehan kursi di bawah 10 persen," kata Hasto melalui keterangan tertulisnya, Selasa (14/7/2020).

Baca Juga: Pilkada 2020, DPC PDIP Bantul Tunggu Rekomendasi DPP PDIP

2. Setelah mendapat dukungan dari PDIP, paslon wajib melakukan sekolah partai

PDIP akan Umumkan Paslon Pilkada Gelombang Kedua pada 17 JuliPDI Perjuangan Umumkan Calon Kepala Daerah di Pilkada 2020 (IDN Times/Fitang Budhi Adhitia)

Hasto menuturkan, pengumuman rekomendasi dukungan akan dilakukan pada pekan depan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Setelah diumumkan, lanjut dia, paslon wajib mengikuti sekolah partai untuk memperkuat pemahaman terhadap ideologi Pancasila, kebijakan legislasi dan anggaran, tata pemerintahan yang baik dan bersih, program kerakyatan berbasis Trisakti Bung Karno, strategi pemenangan Pemilu berbasis gotong royong, komunikasi politik, dan berbagai perspektif kepemimpinan visioner dari kepala daerah PDI Perjuangan.

"Pengumuman secara terbatas melalui teleconference akan dilakukan pada hari Jumat, 17 Juli 2020. Usai diumumkan, setiap paslon wajib mengikuti sekolah partai,” ujarnya.

3. PDIP berkoalisi dengan semua parpol pendukung pemerintah di Pilkada 2020

PDIP akan Umumkan Paslon Pilkada Gelombang Kedua pada 17 JuliIlustrasi partai politik (ANTARA FOTO/Ampelsa)

Di sejumlah daerah itu, PDI Perjuangan telah bekerja sama dengan banyak partai politik untuk saling berkoalisi guna memenangkan Pilkada serentak 2020.

"Di daerah, PDI Perjuangan bekerja sama dengan seluruh kekuatan Partai Koalisi pendukung pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin, termasuk PKB, PPP, PAN, dan PBB. Kerja sama dengan Partai Nasionalis seperti Golkar, Gerindra, Hanura, Perindo dan lain-lain juga banyak dilakukan," tuturnya.

4. PDIP terus perkuat militansi kadernya untuk Indonesia yang lebih baik

PDIP akan Umumkan Paslon Pilkada Gelombang Kedua pada 17 JuliKetua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Lebih jauh Hasto menambahkan, meski pun dilakukan dengan teleconference, seluruh protokol kepartaian akan tetap dijalankan saat pengumuman itu.

“Partai terus memperkuat militansi kader termasuk para kepala daerah dan wakil kepala daerah. Semua solid bergerak untuk Indonesia yang lebih berkeadaban, lebih makmur, lebih adil, dan terus menggelorakan semangat berdikari, serta mendorong Indonesia yang berkepribadian dalam kebudayaan” katanya menegaskan.

Baca Juga: PDIP Resmi Usung Istri Bupati Anas di Pilkada Banyuwangi 2020

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya