Comscore Tracker

PDIP Semangati Calonnya di Pilkada Tidak Gentar Lawan Paslon Berduit

Kader PDIP dan relawan diminta  bekerja di tengah rakyat

Jakarta, IDN Times - DPP PDI Perjuangan (PDIP) terus melakukan konsolidasi dengan menggelar rapat untuk memenangkan Pilkada Surabaya 2020. Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengingatkan kepada seluruh kadernya agar tidak gentar melawan pesaingnya.

Sebab, kata Hasto, penentu kemenangan adalah kerja nyata di tengah rakyat, bukan besarnya dana kampanye yang dimiliki.

Baca Juga: Risma Dituding Tak Netral di Pilkada Surabaya, Ini Kata Tim Eri-Armuji

1. Kader PDIP diminta tak gentar dan terus bergerak bersama rakyat

PDIP Semangati Calonnya di Pilkada Tidak Gentar Lawan Paslon BerduitEri Cahyadi dan Armuji saat di acara Kadin Surabaya, Rabu (14/10/2020). (Ist).

Hasto menuturkan, hal tersebut merupakan pesan dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, yang harus terus diingat oleh setiap calon kepala daerah yang mendapat rekomendasi dari partai berlambang kepala banteng moncong putih tersebut.

"Jangan pernah gentar, karena sejarah partai kita adalah sejarah perjuangan bersama rakyat," kata Hasto melalui keterangan tertulis, Jumat (23/10/2020).

2. Partai dan jejaring relawan harus bekerja di tengah rakyat

PDIP Semangati Calonnya di Pilkada Tidak Gentar Lawan Paslon BerduitSekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto (kanan) rakerda DPD PDI-P Sulsel di Hotel Claro Makassar, Kamis (12/3/2020). (IDN Times/Asrhawi Muin)

Hasto mengingatkan hal tersebut karena di Pilkada Kota Surabaya, pasangan yang diusung PDIP yaitu Ery Cahyadi-Armuji, harus menghadapi lawan yang punya kekuatan kapital besar, yaitu Machfud Arifin-Mujiaman Sukirno.

Dia pun menegaskan, bagi PDIP penentu utama kemenangan adalah sejauh mana struktur partai dan jejaring relawan bekerja di tengah rakyat.

“Perjuangan harus semakin berkobar, terlebih di tengah tantangan ideologis dan juga tantangan kehidupan berbangsa dan bernegara yang tidak ringan akibat pandemik COVID-19," ujar Hasto.

"Lakukan hal yang konkret untuk rakyat. Gotong-royong untuk rakyat terus kita lakukan. Dapur umum, jamu sehat, alat pelindung diri seperti masker, disinfektan, sosialisasi pencegahan covid," kata Hasto, menambahkan.

3. Megawati minta kadernya kreatif untuk mendekatkan diri ke rakyat

PDIP Semangati Calonnya di Pilkada Tidak Gentar Lawan Paslon BerduitKetua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri memberikan pidato saat pengumuman nama cakada gelombang IV (Dok. PDI Perjuangan)

Selain mendekatkan diri kepada masyarakat, komunikasi politik oleh kandidat juga harus terus dilakukan, sehingga partai hadir hingga akar rumput dan ruang-ruang publik.

Megawati, kata Hasto, juga mengingatkan bahwa berpolitik itu perlu kreativitas dan inovasi. Maka pengurus partai dan kader harus menampilkan kegiatan partai yang menarik dan kreatif.

"Dan perluas ruang politik ke aspek pendidikan, olahraga, kebudayaan, dan juga berbagai bentuk penyuluhan kegiatan ekonomi rakyat," tutur dia.

Baca Juga: PDIP Janji Penghijauan Surabaya di Tangan Risma Diteruskan Eri-Armuji

Topic:

  • Fitang Budhi Adhitia
  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya