Comscore Tracker

Pemerintah Diminta Bangun Infrastruktur di Balikpapan Sebelum Ibu Kota

Infrastruktur di Balikpapan penting sebelum ibu kota baru

Balikpapan, IDN Times - Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi meminta kepada pemerintah pusat, agar tidak abai terhadap pembangunan di wilayahnya yang juga merupakan ibu kota dari Kalimantan Timur.

Hal tersebut disampaikannya sebelum pemerintah melakukan persiapan pembangunan di ibu kota negara baru yang telah di tunjuk Presiden Joko “Jokowi” Widodo, yaitu di sebagian wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Baca Juga: Canggih! Ibu Kota Negara Baru Akan Punya Angkutan Massal Tanpa Awak 

1. Wali Kota minta pembangunan lebih dulu dilakukan di Balikpapan, sebagai pintu gerbang ibu kota baru

Pemerintah Diminta Bangun Infrastruktur di Balikpapan Sebelum Ibu KotaIDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Rizal meminta kepada pemerintah pusat melalui Bappenas, agar pemerintah pusat terlebih dahulu melakukan pembangunan di Balikpapan, sebagai pintu masuk menuju ibu kota negara baru.

“Kita sudah minta, seperti yang dikatakan Wapres bahwa sebelum ibu kota terbangun, maka ibu kota yang duluan itu adalah Balikpapan. Karena nanti berbagai kegiatan, persiapan itu kan terjadi di Balikpapan,” ucap dia saat dijumpai IDN Times, Balikpapan, Kalimantan Timur, Sabtu (21/9).

2. Wali Kota Balikpapan sudah berkomunikasi dengan pemerintah pusat

Pemerintah Diminta Bangun Infrastruktur di Balikpapan Sebelum Ibu KotaIDN Times/Surya Aditya

Rizal juga mengaku telah berkomunikasi dengan intensif dengan pemerintah pusat terkait hal ini.

“Saya sudah sampaikan ke Bappenas (Badan Perencanaan Pembangunan Nasional). Pertama, Bappenas jangan asyik sama ibu kotanya aja, nanti terabaikan yang lain, termasuk Balikpapan,” kata dia.

3. Pemerintah Balikpapan kerja sama dengan akademisi untuk pembangunan wilayahnya

Pemerintah Diminta Bangun Infrastruktur di Balikpapan Sebelum Ibu KotaIDN Times/Surya Aditya

Untuk pembangunan Kota Balikpapan, sambung Rizal, pihaknya telah bekerja sama dengan sejumlah akademisi seperti dari Intitut Teknologi Kalimantan (ITK) dan Politeknik Balikpapan (Poltekba), untuk merancang grand design kota kebanggaannya tersebut.

“Maka saya sudah minta kemarin, pertama itu ITK dan Poltekba kita menjadi proyek strategis nasional, supaya nanti jangan sampai masyarakat di sini jadi penonton,” kata dia.

4. Pemerintah Kota Balikpapan siapkan pembangunan infrastruktur

Pemerintah Diminta Bangun Infrastruktur di Balikpapan Sebelum Ibu KotaDok. Jasa Marga

Rizal menambahkan, di antara infrastruktur yang akan segera dibangun di Balikpapan adalah perluasan Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan di Balikpapan.

“Kemudian Jembatan Pulau Balang juga, ada jembatan tol yang lagi ingin dibangun. Kemudian infrastruktur transportasi karena nanti kan akan padet nih, jalan kita kecil-kecil gitu. Itu yang kita sampaikan kepada pemerintah sebelum ibu kota nya dibangun,” kata dia.

Baca Juga: Bandara Hingga Tol, Ini Persiapan Balikpapan Sambut Ibu Kota Baru

Topic:

  • Rochmanudin

Just For You