Comscore Tracker

Pemerintah Minta Masyarakat Gunakan Masker Ketika di Luar Rumah

Pakai masker kain aja ya guys!

Jakarta, IDN Times - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona atau COVID-19, Achmad Yurianto meminta masyarakat untuk selalu menggunakan masker ketika melakukan kegiatan di luar rumah.

Penggunaan masker tersebut, kata pria yang kerap disapa Yuri ini, sebagai upaya untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di tanah air yang semakin mengkhawatirkan.

“Mulai hari ini sesuai rekomendasi WHO jalankan masker untuk semua,” kata Yuri dalam siaran langsung di TVRI, Minggu (5/3).

Kendati demikian, masyarakat diminta untuk menggunakan masker sesuai dengan kebutuhannya. Masker bedah dan N95 hanya diperuntukkan bagi petugas kesehatan yang melayani pasien COVID-19 di rumah sakit.

“Masyarakat gunakan masker kain karena banyak di luar sana yang tanpa gejala tapi bisa saja menularkan. Kita tidak tau mereka menularkan penyakit atau tidak,” ujarnya.

Ia menjelaskan, masker kain tersebut bisa digunakan berulang kali. Namun pastikan kebersihan masker tersebut ketika akan digunakan kembali untuk beraktifitas di luar rumah.

“Masker kain bisa dicuci, pemakaian tidak lebih dari 4 jam lalu dicuci dengan direndam menggunakan sabun,” tuturnya.

Baca Juga: [BREAKING] Kasus Virus Corona di Indonesia Tembus 2.273

Topic:

  • Dwifantya Aquina
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya