Pendaftaran Ditutup, Pansel Capim KPK Terima 348 Pendaftar

Pendaftaran online dibuka hingga pukul 24.00 WIB

Jakarta, IDN Times - Pendaftaran calon pimpinan (capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2019-2023 resmi ditutup pada hari ini, Kamis (4/7) pukul 16.00 WIB.

Ketua panitia seleksi capim KPK, Yenti Garnasih, mengatakan saat ini sudah ada 348 orang yang mendaftarkan dirinya menjadi capim KPK.

1. Pendaftaran online masih bisa dilakukan sampai pukul 24.00 WIB

Pendaftaran Ditutup, Pansel Capim KPK Terima 348 PendaftarIDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Kendati demikian, ia menjelaskan bahwa bagi peserta yang tidak sempat datang langsung untuk mendaftar, masih ada cara lain yaitu dengan menggunakan sistem online.

“Yang (mendaftar melalui) e-mail belum bisa kita tutup. Akhirnya sampai saat ini sambil menunggu e-mail yang jam 12 nanti malam, sudah 348 (pendaftar) dan kami putuskan tidak diperpanjang,” kata Yenti di kantor Sekretariat Negara, Jakarta Pusat, Kamis (4/7).

Baca Juga: Daftar Jadi Capim KPK, Irjen Ike Edwin Didampingi Anak dan Istri

2. Pansel tidak berikan batasan jumlah pendaftar

Pendaftaran Ditutup, Pansel Capim KPK Terima 348 PendaftarIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Yenti menjelaskan, Pansel tidak memberikan batasan berapa jumlah maksimal pendaftar. Namun, seleksi berkas yang ketat dirasa menjadi cukup untuk menyaring para peserta.

“Kita lihat seleksi administrasi ya misalnya umurnya harus 40-65 tahun pada saat mendaftar dan yang utama 15 tahun di bidang hukum, perbankan, keuangan ekonomi.” Jelasnya.

3. Peserta didominasi oleh pengacara dan dosen

Pendaftaran Ditutup, Pansel Capim KPK Terima 348 PendaftarIDN Times/Margith Juita Damanik

Dari 348 jumlah pendaftar, Yenti telah merinci latar belakang pekerjaan mereka sebelumnya. Paling banyak peserta yang mendaftar berlatar belakang pengacara dan dosen.

“Pegawai KPK ada 13 orang. Komisioner (KPK) 3 orang. Dari Polri yang masih aktif 9 orang. Jaksa ada 5, Hakim 9 tadi ya. Advokat yang paling banyak 53, kemudian kedua paling banyak dosen,” ucapnya.

4. Pansel baru bisa umumkan profil peserta pada 11 Juli 2019

Pendaftaran Ditutup, Pansel Capim KPK Terima 348 PendaftarIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Ditanya mengenai profil masing-masing pendaftar, Yenti belum bisa menyimpulkan satu per satu mana peserta yang mempunyai catatan buruk dalam kariernya.

“Jadi kami baru bisa sampaikan profilnya pada tanggal 11 (Juli) siapa saja yang telah kami anggap penuhi kualifikasi seleksi administrasi,” jelasnya.

Baca Juga: Jaksa Agung Rekomendasikan 5 Nama Capim KPK

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya