Comscore Tracker

Pengamat: Kehadiran Oposisi Penting untuk Kontrol Pemerintah

Pemerintah juga harus berikan ruang kepada partai koalisi

Jakarta, IDN Times - Pengamat Politik Sebastian Salang mengatakan keberadaan partai oposisi sangatlah penting dalam sebuah pemerintahan yakni sebagai bentuk kontrol untuk mengawasi hasil kerja-kerja pemerintah.

Ia menilai, apabila tidak ada partai oposisi, maka bukan tidak mungkin praktik-praktik korupsi akan semakin merajalela karena minimnya pengawasan.

1. Kekuasaan harus selalu dikontrol oleh oposisi

Pengamat: Kehadiran Oposisi Penting untuk Kontrol PemerintahANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

Hal itu disampaikannya saat menghadiri diskusi dengan tema “Menakar Syarat Calon Kabinet Jokowi” yang diselenggarakan oleh Formappi.

“Kekuasaan itu harus selalu di kontrol karena kekuasaan itu cenderung diselewengkan seperti korupsi. Makannya itu harus di kontrol oleh kekuatan yang kuat dengan oposisi,” kata Sebastian di kawasan Matraman, Jakarta Timur, Kamis (11/7).

Baca Juga: PKS Sudah Tegaskan Oposisi, Bagaimana dengan Sikap Gerindra?

2. Menjadi oposisi adalah sebuah kesadaran dari masing-masing partai

Pengamat: Kehadiran Oposisi Penting untuk Kontrol PemerintahANTARA FOTO/Ampelsa

Sebastian menjelaskan, di dalam Undang-Undang, memang tidak diatur terkait harus adanya sebuah oposisi pemerintah. Namun, setiap partai politik harus memiliki kesadaran sendiri untuk mengawasi dan mengkontrol kekuasaan.

“Memang ada kemungkinan partai eks 02 yang memilih untuk bergabung dengan pemerintah. Godaan bergabung itu besar dan parpol di Indonesia itu belum tahan lapar,” jelasnya.

3. Menjadi oposisi jauh lebih baik untuk kontrol pemerintah

Pengamat: Kehadiran Oposisi Penting untuk Kontrol PemerintahIDN Times/Axel Jo Harianja

Oleh karena itu ia meminta agar partai pengusung Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno yang tergabung dalam koalisi Indonesia Adil Makmur agar tetap solid berada di luar pemerintahan.

“Maka dari itu kita mengingatkan para eks parpol 02 itu harus tetap pertahankan sisi oposisi. Berada di luar (pemerintahan) itu juga menjadi tugas penting bagi pemerintahan,” ujarnya.

4. Pemerintah harus memberikan ruang kepada partai koalisi

Pengamat: Kehadiran Oposisi Penting untuk Kontrol PemerintahIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Lebih jauh ia menegaskan, pemerintah sendiri juga harus memberikan ruang untuk oposisi agar dapat membangun demokrasi yang lebih baik

“Oposisi yang dibangun juga oposisi yang konstruktif. Kalau pemerintah bener ya bilang puji, kalau salah ya tegur,” tegasnya.

Baca Juga: Jadi Kontrol dan Penyeimbang, Ini Peran Oposisi bagi Pemerintah

Topic:

  • Anata Siregar

Just For You