Penumpang Kereta pada Angkutan Lebaran 2019 Naik 10 Persen

PT KAI sediakan 406 kereta selama angkutan lebaran 2019

Jakarta, IDN Times - Menjelang berakhirnya cuti bersama dan libur lebaran 2019, peningkatan arus balik penumpang di stasiun sudah terlihat sejak H+2 dan H+3 Lebaran. Masyarakat kini akan kembali ke kota asalnya masing-masing untuk beraktivitas seperti biasa.

1. Sejumlah stasiun di Jakarta masih banyak menerima perjalanan menuju ke Jateng dan Jatim

Penumpang Kereta pada Angkutan Lebaran 2019 Naik 10 PersenIDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Meski demikian, masih terlihat penumpang yang akan mudik ke kampung halaman karena harus bekerja pada saat lebaran dan yang akan bepergian untuk menikmati masa libur sekolah.

Hal ini terlihat dengan masih ramainya stasiun di wilayah DKI Jakarta seperti Gambir dan Pasar Senen yang akan berangkat ke Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur.

2. PT KAI sediakan 406 kereta selama angkutan Lebaran 2019

Penumpang Kereta pada Angkutan Lebaran 2019 Naik 10 PersenIDN Times/Marisa Safitri

Berdasarkan pantauan pada Selasa (11/6) pagi, terjadi peningkatan jumlah penumpang kereta api secara kumulatif sebesar 10 persen sejak H-10 sampai dengan H+4 Lebaran, dengan rincian 4.821.876 penumpang di 2019 dan 4.384.101 penumpang di 2018.

PT Kereta Api Indonesia (KAI) sudah mengantisipasi adanya peningkatan ini dengan menjalankan 406 perjalanan kereta api (KA), dengan rincian 356 KA Reguler dan 50 KA tambahan.

Baca Juga: Arus Balik Lebaran, Stasiun Pasar Senen Dipadati Kedatangan Pemudik

3. PT KAI terus meningkatkan pelayanannya

Penumpang Kereta pada Angkutan Lebaran 2019 Naik 10 PersenIDN Times/Fitang Budhi Adhitia

VP Public Relations PT KAI, Edy Kuswoyo mengingatkan para penumpang agar memerhatikan jadwal yang tertera pada tiket sehingga tidak sampai tertinggal kereta. Selain itu, ia juga meminta kepada para penumpang agar tidak membawa barang berlebihan yang dapat mengganggu kenyamanan penumpang lainnya, baik saat di stasiun dan di dalam kereta.

"Demi memastikan kelancaran penumpang saat berada di stasiun, KAI sudah mengantisipasinya dengan menambah petugas posko stasiun baik dari Internal KAI, Relawan, personil TNI/Polri, Pramuka, Komunitas, dan lainnya," ujar VP Public Relations KAI, Edy Kuswoyo melalui keterangan tertulisnya kepada IDN Times, Selasa (11/6).

4. PT KAI berterima kasih kepada masyarakat atas kepercayaannya menggunakan kereta api

Penumpang Kereta pada Angkutan Lebaran 2019 Naik 10 PersenIDN Times/Holy Kartika

Edy berharap para penumpang dapat kembali ke kota asal dengan aman dan nyaman saat berada dalam perjalanan kereta api.

“Semoga perjalanan Anda menyenangkan, dan terima kasih telah menggunakan kereta api sebagai moda transportasi pilihan anda untuk arus mudik dan balik lebaran tahun ini," kata Edy.

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya