Comscore Tracker

Petugas KPPS yang Meninggal Dunia Bertambah Jadi 119 Orang

Dana santunan akan diberikan oleh Kemenkeu

Jakarta, IDN Times - Penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 diwarnai kabar duka. Sejumlah petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) meninggal dunia, sebagian di antaranya karena kelelahan selama bertugas.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) mencatat jumlah petugas KPPS yang meninggal dunia hingga Selasa (23/4) telah mencapai 119 orang.

1. 667 petugas KPPS di 25 provinsi sakit dan meninggal dunia

Petugas KPPS yang Meninggal Dunia Bertambah Jadi 119 OrangIDN Times/Toni Kamajaya

Komisioner KPU Viryan Aziz menyebut, hingga hari ini sudah ada 119 petugas KPPS yang meninggal dunia pada saat penyelenggaraan Pemilu 2019 ini.

"Yang mengalami kedukaan totalnya sebanyak 667 orang, yang terdiri dari 119 meninggal dunia, kemudian 548 sakit. Tersebar di 25 provinsi," kata Viryan di Kantor Pusat KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (23/4).

2. Jumlah santunan akan ditetapkan oleh Kemenkeu

Petugas KPPS yang Meninggal Dunia Bertambah Jadi 119 OrangIDN Times/Teatrika Handiko Putri

KPU, kata Viryan, telah bertemu dengan pihak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) untuk membahas terkait santunan. Selain itu seluruh pemerintah daerah (pemda) juga akan memberikan santunan terhadap petugas KPPS yang meninggal di wilayahnya.

“Kita juga bersyukur beberapa pemda juga sudah mengambil kebijakan untuk memberikan santunan kepada jajaran kami di provinsi tersebut seperti Jabar,” terangnya.

Terkait besarnya santunan yang akan diberikan kepada keluarga korban, pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada pihak Kemenkeu. “Besar santunan nanti di Kemenkeu,” sambungnya.

Baca Juga: Banyak Petugas KPPS Meninggal, Demokrat: Negara Harus Tanggung Jawab

3. Pemerintah telah berikan pelayanan kesehatan kepada petugas KPPS yang bertugas

Petugas KPPS yang Meninggal Dunia Bertambah Jadi 119 OrangIDN Times/Santi Dewi

Selain itu, KPU juga berterima kasih atas diberikannya bantuan kesehatan kepada para petugas KPPS yang hingga hari ini masih terus melalukan rekapitulasi suara ditingkat kecematan.

“Alhamdulillah mulai kemarin sore sampai dengan hari ini jajaran instansi terkait dengan kesehatan sudah hadir di banyak kecamatan dan sudah ada dukungan dari Kemenkes agar puskesmas atau RS di daerah memberikan bantuan layanan kesehatan,” ujarnya.

4. Sebelumnya, KPU minta ada pelayanan kesehatan kepada petugas KPPS

Petugas KPPS yang Meninggal Dunia Bertambah Jadi 119 OrangIDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Seperti diberitakan sebelumnya, KPU meminta kepada pemerintah, di sisa waktu rekapitulasi yang masih panjang ini agar diberikan pelayanan kesehatan gratis kepada para petugas agar tidak bertambah lagi korban berikutnya.

“Saya berharap ada layanan kesehatan gratis dari kemenkes atau pemda di setiap kecamatan untuk memberi layanan kesehatan kepada jajaran penyelenggara pemilu, baik KPPS, PPS, PPK dan pengawas TPS, PPL dan Panwascam hingga para saksi dari peserta pemilu,” ujar Viryan saat dikonfirmasi wartawan, Senin (22/4).

Baca Juga: Soal Santunan Petugas KPPS yang Meninggal, Ini Penjelasan Sri Mulyani

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Just For You