PKB Bagikan Ribuan Ayam dari Peternak pada Korban PHK

Peternak ayam berharap wabah virus corona segera berlalu

Jakarta, IDN Times - Dampak pandemik virus corona atau COVID-19 mulai dirasakan peternak ayam potong. Nilai beli masyarakat yang menurun serta kondisi dalam Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), membuat mereka kesulitan menjual hasil ternaknya, bahkan ada sebagian dari mereka yang sudah gulung tikar.

Menyikapi kondisi itu serta anjloknya harga ayam potong, Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) melakukan pembelian ribuan ayam para peternak ayam tersebut.

1. Bantuan tersebut arahan langsung dari Ketum PKB

PKB Bagikan Ribuan Ayam dari Peternak pada Korban PHKIDN Times/Irfan fathurohman

Program tersebut merupakan perintah langsung dari Ketua Umum (Ketum) DPP PKB Abdul Muhaimin Iskandar atau yang kerap disapa Cak Imin.

"Ini perintah dari ketum langsung, PKB membeli Ayam kepada peternak langsung, kemudian kita bagikan kepada masyarakat korban Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) terdampak virus corona," kata Sekjen DPP PKB, M Hasanuddin Wahid melalui keterangan tertulisnya, Jumat (24/4).

Baca Juga: Harga Ayam di Sumsel Jatuh, Peternak Rugi Hingga Rp5 Miliar

2. Bantuan diinisiasi oleh PKB Peduli

PKB Bagikan Ribuan Ayam dari Peternak pada Korban PHKPKB bagikan ayam potong kepada korban PHK (Dok.DPP PKB)

Dia mengatakan Tim PKB Peduli langsung bergerak dari rumah ke rumah, mendatangi kediaman warga tidak mampu dan korban PHK terdampak di wilayah DKI Jakarta.

"Semoga bantuan ini dapat menolong peternak dan warga yang tidak mampu," ujarnya.

3. Peternak ayam berharap virus corona segera berlalu

PKB Bagikan Ribuan Ayam dari Peternak pada Korban PHKPeternak ayam broiler di Kabupaten Madiun.Dok.IDN Times/Istimewa

Jamaluddin, seorang peternak ayam yang ternaknya dibeli dalam program ini, mengatakan harga ayam saat ini di tingkat peternak hanya Rp14.000 per kilogram. Ia pun membandingan harga ayam pada Ramadan tahun lalu.

"Menjelang bulan puasa Ramadhan biasanya harga ayam mencapai Rp30.000/kilogram. Semoga corona ini cepat berlalu, biar kami beternak tidak waswas lagi," harapnya.

Dia pun menuturkan rasa senang atas program PKB Peduli yang telah menyelamatkan usahanya dari krisis di tengah pandemik COVID-19 ini "Terima kasih Gus Muhaimin kami dari peternak sangat di bantu sekali dengan program bansos PKB. Semoga PKB selalu jaya," kata Jamal.

Baca Juga: Harga Anjlok, Pengusaha Ternak Bagikan Ayam Gratis Pada Korban Banjir

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya