PKB Kirim Bantuan untuk Pekerja Migran di Malaysia yang Terlantar

100 pekerja migran kesulitan makan dan biaya hidup di sana

Jakarta, IDN Times - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengirimkan bantuan kepada para Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang terlantar di Malaysia. Sejak pemerintah Malaysia memberlakukan lockdown pada 18 Maret 2020, kondisi PMI di sana kian memprihatinkan. Mereka kesulitan makan dan biaya hidup.    

1. PKB salurkan bantuan untuk PMI di Malaysia sebanyak Rp50 juta

PKB Kirim Bantuan untuk Pekerja Migran di Malaysia yang TerlantarPKB berikan bantuan kepada pekerja imigran indonesia di malaysia (dok.DPP PKB)

Mendapatkan laporan tersebut, Ketum PKB Abdul Muhaimin Iskandar langsung menginstruksikan Ketua Bidang Ketenagakerjaan dan Migran DPP PKB untuk mengirimkan bantuan yang dibutuhkan.

"Setelah kita berinteraksi dengan mereka, akhirnya disepakati pengiriman uang tunai Rp50 juta. Itu atas permintaan mereka," kata Ketua Bidang Ketenagakerjaan dan Migran DPP PKB, Dita Indah Sari, melalui keterangan tertulisnya, Rabu (8/4).

Baca Juga: Gereja dan Resepsi Pernikahan Jadi 2 Klaster COVID-19 Baru di Malaysia

2. 100 PMI di Malaysia kesulitan makan dan biaya hidup

PKB Kirim Bantuan untuk Pekerja Migran di Malaysia yang TerlantarPKB berikan bantuan kepada pekerja imigran indonesia di malaysia (dok.DPP PKB)

Menurut Dita, hampir seluruh perusahaan yang mempekerjakan PMI berhenti beroperasi. Bahkan, hasil pendataan tim di Sinai, Johor, terdapat 100 buruh harian lepas sektor kontruksi kesulitan makan dan biaya hidup.

"Merekalah yang kirimkan bantuan," ujarnya.

Ia menjelaskan, saat ini mereka tinggal di mess milik perusahaan. Semula, Muhaimin berniat mengirimkan paket sembako agar mereka bisa bertahan hidup di mess. Namun, situasi Malaysia sudah lockdown, maka ada hambatan soal pengiriman barang.

"Atas permintaan mereka maka kami kirimkan uang tunai sebesar Rp50 juta secara bertahap. Untung masih ada bank di sana yang buka. Kami sudah mendata kelompok-kelompok TKI lainnya, terutama di kebun-kebun kelapa sawit. Segera kami kirimkan bantuan juga," tuturnya.

3. Bantuan tersebut merupakan kepedulian PKB terhadap PMI di luar negeri

PKB Kirim Bantuan untuk Pekerja Migran di Malaysia yang TerlantarKetua Umum PKB, Muhaimin Iskandar. IDN Times/Irfan fathurohman

Bantuan tersebut, lanjut Dita, telah diterima oleh Dewan Pengurus Cabang Perwakilan (DPCP) PKB Malaysia, dan telah diserahkan kepada para TKI/PMI.

"Ini bentuk kepedulian PKB. Muhaimin pernah lima tahun jadi Menteri Tenaga Kerja. Jadi paham sekali kesulitan yang dihadapi mereka dalam kondisi seperti ini. Semoga bantuan tersebut bisa sedikit meringankan," katanya.

Sementara itu, Koordinator PMI Johor, Abdul Afif mengucapkan terima kasih kepada Ketum PKB Abdul Muhaimin Iskandar atas bantuan yang diberikan.

"Terima kasih juga kepada Bapak Hanif Dhakhiri dan Ibu Dita Indah Sari, kami para PMI yang ada di Johor mendoakan semoga amal baik DPP PKB mendapat pahala dari Allah SWT," ujarnya.

Baca Juga: Tiba dari Malaysia, 17 Pekerja Asal Lamongan Jalani Isolasi Mandiri

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya