Comscore Tracker

PM India Sampaikan Duka Cita atas Korban Jatuhnya Pesawat Pakistan 

Pesawat Pakistan Airlines jatuh di pemukiman warga

Jakarta, IDN Times - Pesawat Pakistan International Airlines (PIA) jatuh di kawasan perumahan di sebelah selatan Kota Karachi, Pakistan pada Jumat, 22 Mei 2020. Pesawat yang mengangkut sekitar 100 orang itu kehilangan kontak dengan pihak air traffic control sesaat setelah 14.30 waktu setempat (09:30 GMT).

Dilansir dari Al Jazeera, setidaknya 30 orang sudah dilaporkan tewas dalam kecelakaan pesawat Airbus A320 tersebut.

Perdana Menteri Pakistan Imran Khan menyampaikan duka cita atas kecelakaan pesawat Airbus A320 tersebut. Melalui akun Twitternya Imran menyampaikan dia menghargai upaya pihak maskapai PIA.

"Terkejut & berduka atas kecelakaan PIA. Saya tersentuh dengan CEO PIA Arshad Malik, yang langsung terbang ke Karachi & tim penyelamat di lapangan di mana upaya ini adalah prioritas saat ini. Penyelidikan sesegera mungkin akan dilakukan. Doa & duka cita saya sampaikan pada para keluarga yang ditinggalkan," tulis Imran.

Kabar jatuhnya pesawat PIA ini pun direspons oleh sejumlah pejabat dari negara tetangga terdekat Pakistan. Perdana Menteri India dan sejumlah tokoh politik di sana mengucapkan belasungkawa atas insiden jatuhnya pesawat yang sejauh ini sudah menelan 30 nyawa itu.

1. PM India Narendra Modi ucapkan bela sungkawa atas peristiwa tersebut

PM India Sampaikan Duka Cita atas Korban Jatuhnya Pesawat Pakistan Perdana Menteri India Narendra Modi memberikan penghormatan di tugu peringatan Mahatma Gandhi pada hari ulang tahun ke 150 Gandhi di Rajghat, India, pada 2 Oktober 2019. ANTARA FOTO/REUTERS/Adnan Abidi

Cuitan Perdana Menteri India Narendra Modi melalui akun pribadinya @narendramodi menjadi salah satu yang populer di Twitter. Dalam cuitan itu, Modi berharap otoritas setempat bisa mencari tau penyebab jatuhnya pesawat tersebut.

“Sangat sedih dengan hilangnya nyawa karena kecelakaan pesawat di Pakistan. Kami turut berduka cita kepada keluarga yang meninggal, dan berharap pemulihan cepat bagi mereka yang terluka,” kata Narendra Modi, Jumat (22/5).

Baca Juga: Pakistan Airlines Jatuh, 30 Orang Dilaporkan Tewas

2. Politikus India Rahul Gandhi mendoakan agar keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan

PM India Sampaikan Duka Cita atas Korban Jatuhnya Pesawat Pakistan Foto serpihan badan pesawat Pakistan Airlines yang jatuh di pemukiman warga (Twitter/@Zayyn007)

Unggahan lain yang populer di Twitter ialah ucapan duka cita dari politikus India, Rahul Gandhi melalui akun Twitter resminya @RahulGandhi. Dia mendoakan agar keluarga penumpang beserta awak pesawat yang meninggal diberikan ketabahan.

“Saya menyesal mendengar tentang kecelakaan udara di Pakistan di mana banyak nyawa telah hilang. Berita para penyintas adalah secercah harapan dan saya berdoa semoga ada banyak kisah ajaib tentang bertahan hidup malam ini. Belasungkawa terdalam saya kepada keluarga mereka yang telah meninggal,” ujarnya.

3. Pesawat Pakistan Airlines yang jatuh di Karachi mengangkut sekitar 100 penumpang beserta krunya

PM India Sampaikan Duka Cita atas Korban Jatuhnya Pesawat Pakistan (Pesawat Pakistan International Airlines yang jatuh di pemukiman warga di Karachi) www.ndtv.com

Dikutip dari Reuters, pesawat dengan nomor penerbangan PK 8303 itu mengangkut 99 penumpang serta delapan kru, sementara otoritas penerbangan sipil menyebut jumlah orang di dalam pesawat itu adalah 99 orang. Namun, Al Jazeera melansir pesawat mengangkut 91 penumpang berserta tujuh kru.

"Informasi terakhir yang kami dengar dari pilot adalah bahwa dia mengalami kendala teknis. Ini adalah kejadian yang amat tragis," ujar juru bicara PIA Abdullah H. Khan, dalam sebuah video pernyataan resmi.

Otoritas penerbangan sipil setempat menjelaskan, pesawat tersebut mengalami gangguan teknis saat mengudara. Pesawat tipe Airbus A320 itu tidak bisa membuka rodanya ketika ingin melalukan pendaratan.

Namun spekulasi tersebut masih terlalu dini untuk menyimpulkan sebab terjadinya kecelakaan nahas itu.

Baca Juga: [BREAKING] Pesawat Pakistan Airlines Jatuh di Permukiman Warga

Topic:

  • Fitang Budhi Adhitia
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya