Polemik RUU HIP Dianggap Bawa Berkah, Bamusi: Banyak Jubir Pancasila

Kelompok pro-negara teokrasi kini mendukung Pancasila

Jakarta, IDN Times - Ketua Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi) Zuhairi Misrawi mengungkapkan rasa syukurnya atas keberkahan baru di tengah perdebatan Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP), yang kini menjadi perdebatan.

Zuhairi mengatakan banyak kelompok yang sebelumnya dikenal sebagai pro-negara teokrasi, kini berubah menjadi pendukung Pancasila. Hal ini semakin menguatkan bukti Pancasila menjadi pemersatu bangsa.

1. Akibat polemik RUU HIP, banyak pihak yang membela Pancasila

Polemik RUU HIP Dianggap Bawa Berkah, Bamusi: Banyak Jubir PancasilaKetua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Gus Mis, sapaan akrab Zuhairi, mengatakan perdebatan RUU HIP yang mengemuka di masyarakat menimbulkan berkah baru yang tidak terduga sebelumnya. Pada akhirnya publik makin membincangkan pentingnya Pancasila.

"Kami merasa bangga dan bersyukur bahwa pada akhirnya mereka yang selama ini selalu menggaungkan ideologi khilafah dan negara pro-teokrasi, yang secara terbuka menyatakan berseberangan dengan Pancasila, mereka justru semakin lantang menjadi juru bicara Pancasila di ruang publik," kata Gus Mis melalui keterangan tertulisnya, Minggu (5/7/2020).

Baca Juga: Mahfud MD: RUU HIP Bermasalah Secara Substansial dan Prosedural

2. Banyak pihak yang mulai memasukkan paham lain ke dalam negara

Polemik RUU HIP Dianggap Bawa Berkah, Bamusi: Banyak Jubir PancasilaKetua Badan Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi) Zuhairi Misrawi (Dok.Istimewa)

Menurut Gus Mis, polemik RUU HIP menjadi berkah bagi Indonesia, karena sudah ada yang mulai mencoba mengadu-domba dengan paham-paham lain selain Pancasila.

"Hal ini merupakan berkah Tuhan pada negeri ini, sehingga tugas kita selanjutnya adalah membumikan Pancasila agar dapat mewarnai seluruh kehidupan berbangasa dan bernegara," ujar dia.

3. PDIP menyampaikan rasa terima kasih kepada setiap majelis agama, untuk terus membela Pancasila

Polemik RUU HIP Dianggap Bawa Berkah, Bamusi: Banyak Jubir PancasilaWakil Presiden RI Ma'ruf Amin bertemu dengan sejumlah ormas Islam (Dok.Humas Setwapres)

Politikus PDI Perjuangan itu mengatakan, selama negara masih berpijak pada Pancasila, maka akan mempunyai masa depan yang cerah dalam mewujudkan Trisakti Bung Karno, yaitu kedaulatan politik, kemandirian ekonomi, dan berkepribadian dalam kebudayaan.

Gus Mis pun berterima kasih kepada Majelis Ulama Indonesia (MUI), Nahdlatul Ulama (NU), Muhammadiyah, dan majelis agama-agama lainnya yang selalu memberikan bimbingan, arahan, dan inspirasi agar Pancasila semakin kokoh dan berdiri tegak sebagai ideologi bangsa.

"Pancasila merupakan pelita yang akan menerangi negeri ini, yang akan membawa kerukunan dan kedamaian, serta mampu mewujudkan keadilan sosial," tutur dia.

4. PDIP akan selalu mendukung Pancasila

Polemik RUU HIP Dianggap Bawa Berkah, Bamusi: Banyak Jubir PancasilaIDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Gus Mis menegaskan, PDIP selama ini selalu terdepan dalam mengukuhkan dan membumikan Pancasila, sebagaimana termaktub dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945.

Menurut dia setiap kader partai mempunyai latar belakang dari berbagai agama, suku, dan bahasa, serta berada dalam satu rampak barisan untuk menjadikan Pancasila sebagai titik-temu dan kekuatan bersama dalam membangun negeri.

"Sebab itu, nasionalisme para kader yang menginspirasi perjalanan negeri ini sangat kokoh, karena bersumber dari keyakinan dan pemahaman yang utuh terhadap Pancasila," kata Gus Mis.

Baca Juga: Prolegnas 2020: RUU PKS Dicabut, RUU HIP Melenggang

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya