Polisi Atur Ulang Pemeriksaan Rocky Gerung Terkait Kasus Hoaks

Terkait kasus hoaks Ratna Sarumpaet

Jakarta, IDN Times - Polda Metro Jaya menjadwalkan pemeriksaan terhadap pengamat politik Rocky Gerung terkait kasus hoaks yang melibatkan aktivis Ratna Sarumpaet. Namun, Rocky tak memenuhi panggilan tersebut.

1. Tidak hadir karena ada kegiatan penting

Polisi Atur Ulang Pemeriksaan Rocky Gerung Terkait Kasus HoaksIDN Times/Irfan Fathurohman

Pemeriksaan yang sejatinya dijadwalkan pukul 14.00 WIB di Polda Metro Jaya ini akhirnya urung dilakukan pihak kepolisian lantaran Rocky Gerung berhalangan hadir.

“Kemudian untuk Bapak Rocky Gerung melalui kuasa hukumnya minta di-reschedule karena ada kegiatan yang tidak bisa ditinggalkan,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono di Mapolda Metro Jaya, Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Selasa (27/11).

2. Polisi akan jadwalkan ulang pemeriksaan Rocky Gerung

Polisi Atur Ulang Pemeriksaan Rocky Gerung Terkait Kasus HoaksIDN Times/Irfan Fathurohman

Argo mengatakan, pihaknya telah melayangkan surat pemeriksaan kepada Rocky sejak Jumat (23/11) lalu, nantinya polisi akan mengirimkan kembali surat pemeriksaan yang sama kepada pria berkacamata tersebut.

“Kemudian setelah kita layangkan pada hari Jumat (23/11) kemarin, tentunya nanti penyidik akan me-reschedule ulang dengan waktu yang tepat,” imbuhnya.

3. Pemeriksaan soal ihwal foto hoaks Ratna Sarumpaet

Polisi Atur Ulang Pemeriksaan Rocky Gerung Terkait Kasus HoaksANTARA FOTO/Reno Esnir

Lebih jauh perwira menengah polisi berpangkat melati tiga ini mengatakan, pemeriksaan Rocky sendiri adalah sebagai langkah penyidik untuk bisa melengkapi berkas dari tersangka Ratna Sarumpaet.

“(Pemeriksaan terkait dengan) pengecekan alur daripada pengiriman foto dan sebagainya,” terangnya.

4. Selain Rocky, polisi juga panggil Nanik S Deyang

Polisi Atur Ulang Pemeriksaan Rocky Gerung Terkait Kasus HoaksTwitter/@Tandaseru_id

Tidak hanya Rocky Gerung saja yang dimintai keterangan ihwal foto hoaks dari ibunda artis Atikah Hasiholan tersebut. Polisi juga hari ini tengah memeriksa Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto- Sandiaga Salahuddin Uno, Nanik S Deyang di Polda Metro Jaya.

Polisi juga bakal mengorek ulang soal pengiriman foto lebam muka Ratna di media sosial.

5. Berawal dari kasus hoaks Ratna Sarumpaet

Polisi Atur Ulang Pemeriksaan Rocky Gerung Terkait Kasus HoaksANTARA FOTO/Galih Pradipta

Seperti diketahui, Ratna Sarumpaet sendiri telah ditahan oleh pihak kepolisian sejak 5 Oktober 2018 usai ditetapkan sebagai tersangka penyebaran hoaks soal penganiayaan. Ratna dijerat dengan Pasal 14 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana dan Pasal 28 juncto Pasal 45 Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Kasus tersebut sendiri bermula saat foto wajah Ratna lebam beredar di media sosial. Ia mengaku bahwa lebab diwajahnya tersebut karena dianiaya oleh sekelompok orang di Bandung. Tapi, kemudian Ratna menyatakan bahwa kabar pemukulannya itu bohong adanya.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya