Prabowo Singgung Swasembada Pangan dan Energi dalam Pidato Kebangsaan

Prabowo optimistis bisa membenahi seluruh hal tersebut

Jakarta, IDN Times - Calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto, menyinggung pemerintah terkait kurangnya swasembada pangan dan energi, padahal Indonesia memiliki kekayaan Sumber Daya Alam (SDA) yang melimpah ruah. Hal tersebut dipaparkannya saat menggelar pidato kebangsaan yang bertema ketahanan pangan, energi, dan air di Hotel PO Semarang, Jawa Tengah, Jumat (15/2).

1. Prabowo sebut rakyat Indonesia masih banyak yang kelaparan

Prabowo Singgung Swasembada Pangan dan Energi dalam Pidato KebangsaanANTARA FOTO/Dede Rizky Permana

Dari segi pangan, Prabowo menyebut masih banyak rakyat Indonesia yang kebutuhan dasarnya belum terpenuhi, bahkan sangat kekurangan. “Negara yang merdeka tidak boleh ada rakyat yang kelaparan, negara yang berdaulat tidak boleh ada anak-anak yang kurang gizi,” ujar Prabowo dalam pidatonya di Hotel PO Semarang, Jawa Tengah, Jumat (15/2).

Baca Juga: 5 Fakta Seputar Impor Pangan di Era Jokowi

2. Penggunaan air tanah juga jadi perhatian Prabowo dalam pidatonya

Prabowo Singgung Swasembada Pangan dan Energi dalam Pidato KebangsaanIDN Times/Irfan fathurohman

Untuk itu ia mengimbau pentingnya pengelolaan air tanah yang baik. Karena di waktu yang akan datang, negara-negara di dunia tidak lagi berperang memperebutkan kekuasaan tapi lebih ke arah mempertahankan hidup. “Dunia akan krisis air dan banyak memperebutkan sumber air, tidak mungkin kita bisa menghasilkan pangan tanpa air, karena itu harus memanfaatkan dengan baik,” ungkapnya.

3. Prabowo sebut Indonesia mampu menghasilkan bahan bakar sendiri

Prabowo Singgung Swasembada Pangan dan Energi dalam Pidato Kebangsaanunsplash.com/Kevin Harris

Sedangkan terkait energi, mantan Danjen Kopassus ini menyinggung bahwa sebetulnya Indonesia bisa memproduksi bahan bakar sendiri tanpa harus membeli dari negara lain sehingga bisa banyak memberikan keuntungan bagi rakyat.

“Kita bertanya, apa mampu kita menghasilkan energi kita sendiri? Ternyata kita mampu saudara-saudara. Pakar-pakar ini yang meyakinkan saya Indonesia mampu, Indonesia bisa berdiri di atas kaki sendiri,” terangnya.

4. Sebagian isi pidato kebangsaan tersebut akan dibawa Prabowo pada debat kedua nanti

Prabowo Singgung Swasembada Pangan dan Energi dalam Pidato KebangsaanANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Dalam pidato kebangsaan tersebut juga hadir beberapa tim sukses dari Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto - Sandiaga Salahuddin Uno, antara lain Direktur BPN Sudirman Said, mantan Menteri Agraria dan Tata Ruang, Ferry Mursyidan Baldan, serta Said Didu. Sebagian isi materi pidato kebangsaan tersebut juga nantinya akan dibawa oleh Prabowo dalam debat putaran kedua yang akan berlangsung pada 17 Februari mendatang.

Baca Juga: Jelang Debat, Prabowo Konsultasi ke Rizal Ramli Hingga Kwik Kian Gie

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya