Prakiraan Cuaca Hari Ini: Jakarta Diguyur Hujan pada Siang dan Malam 

Hujan akan terjadi pada siang hingga malam hari

Jakarta, IDN Times - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika merilis prakiraan cuaca di seluruh wilayah Indonesia pada hari Minggu, (1/3). Seluruh wilayah Jakarta diprediksi akan diguyur hujan dengan intensitas beragam pada siang hingga malam.

Berikut laporan lengkapnya untuk prakiraan cuaca di wilayah DKI Jakarta.

1. 6 wilayah di DKI Jakarta akan mengalami hujan sedang pada siang hingga malam hari

Prakiraan Cuaca Hari Ini: Jakarta Diguyur Hujan pada Siang dan Malam IDN Times/Sukma Shakti

Kondisi cuaca Jakarta Barat diperkirakan berawan pada pagi hari dan hujan sedang siang hingga malam hari dengan suhu berkisar 24-31 derajat celsius.

Sama seperti Jakarta Barat, Jakarta Pusat juga diperkirakan berawan pada pagi hari dan hujan sedang siang hingga malam hari dengan suhu berkisar 25-31 derajat celsius.

Sementara di Jakarta Selatan akan mengalami hujan lokal pada pagi hari disusul dengan hujan sedang mulai siang hingga malam hari dengan suhu berkisar 24-31 derajat celsius.

Jakarta Timur juga akan diguyur hujan lokal pada pagi hari ini, sedangkan pada siang hari hujan sedang akan mengguyur sejumlah daerah tersebut hingga malam hari. Suhu di Jakarta Timur hari ini berkisar 24-31 derajat celsius.

Sementara itu, Jakarta Utara akan berawan pada siang hari dan hujan sedang mulai siang hingga malam hari dengan suhu berkisar 25-31 derajat celsius.

Sedangkan Kepulauan Seribu pada pagi hari akan berawan, sementara siang hingga malam diprediksi akan diguyur hujan dengan intesitas sedang. Suhu berkisar 26-30 derajat celsius.

2. BMKG memprediksi puncak musim hujan akan terjadi pada Februari hingga Maret

Prakiraan Cuaca Hari Ini: Jakarta Diguyur Hujan pada Siang dan Malam Cuaca Jakarta (IDN Times/Hana Adi Perdana)

BMKG pada akhir Desember 2019 lalu memprediksi puncak musim hujan pada tahun 2020 akan terjadi pada bulan Februari hingga Maret. Sedangkan, musim kemarau diprediksi terjadi sepanjang April hingga Oktober 2020.

"Maka dimohon Februari-Maret ini dioptimalkan resapan-resapan air yang jatuh akibat hujan yang melimpah," kata Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati ketika memberikan keterangan pers refleksi 2019 dan kesiapan BMKG di kantornya pada 27 Desember 2019 lalu.

Ia juga meminta agar tempat-tempat untuk meresap air hujan disiapkan. Tujuannya, agar ketika masuk musim kemarau, tidak kekurangan sumber daya air. Apalagi musim kemarau tahun 2020 diperkirakan cukup panjang yakni 9 bulan.

3. BNPB minta seluruh masyarakat agar tetap waspada menghadapi bencana

Prakiraan Cuaca Hari Ini: Jakarta Diguyur Hujan pada Siang dan Malam Dok.IDN Times/Istimewa

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada awal Januari lalu sudah mewanti-wanti Jakarta agar tetap siaga menghadapi bencana, khususnya banjir. Ibu kota sudah menghadapi banjir besar ketika masyarakat bersuka cita menyambut pergantian tahun kemarin pada (1/1).

Sesungguhnya, BNPB pernah mengimbau kepada Jakarta dan provinsi lainnya yang rawan bencana agar bersiap menetapkan status siaga darurat bencana.

"BNPB mengimbau agar pemerintah daerah bersiap-siap dan menentukan status siaga darurat serta melakukan persiapan yang diperlukan," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi (Kapusdatinkom) BNPB Agus Wibowo pada (7/1) lalu.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Jabodetabek Hari ini 29 Februari 2020, Sebagian DKI Jakarta Bakal Berawan

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya