Comscore Tracker

Pramono Anung Klarifikasi Ucapannya Soal Larangan Jokowi ke Kediri

Larangan yang diucapkan Pramono hanya bersifat candaan

Jakarta, IDN Times - Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengklarifikasi ucapannya yang melarang Presiden Joko “Jokowi” Widodo untuk melakukan kunjungan ke Kediri, Jawa Timur.

Pramono sempat mengatakan tidak ingin Jokowi bernasib seperti Abdurrahman Wahid atau Gus Dur yang lengser sebagai Presiden setelah kunjungan ke kota tersebut.

1. Larangan tersebut hanya bersifat candaan karena Jokowi tidak diundang dalam acara tersebut

Pramono Anung Klarifikasi Ucapannya Soal Larangan Jokowi ke KediriPresiden Jokowi memberikan keterangan pers di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu 12 Februari 2020. IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Namun, ia menjelaskan bahwa larangan tersebut bersifat candaan karena memang Jokowi tidak diundang oleh pihak Pondok Pesantren Hidasyatul Mibtadien Lirboyo, Kediri, pada Sabtu (15/2) lalu.

“Karena yang diundang dalam acara reuni akbar dan muktamar itu Pak Wapres, sambil bercanda saya bilang kalau Pak Wapres monggo saja mau datang karena diundang dan beliau kiai, beliau tahu penawarnya. Semua orang juga ketawa ngakak,” kata Pramono di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (17/2).

2. Media membuat framing bahwa Jokowi takut ke Kota Kediri

Pramono Anung Klarifikasi Ucapannya Soal Larangan Jokowi ke KediriSekretaris Kabinet Pramono Anung di Kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin 6 Januari 2020 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Kalimat tersebut, lanjut Pramono, kemudian dimuat oleh sejumlah media dan menarasikan kalau dirinya melarang Jokowi untuk ke kota tersebut.

“Kata-kata ini, ‘untuk tidak datang’ ya karena beliau tidak diundang. Mana mau datang? Kemudian waktu di-framing beritanya Jokowi takut ke Kediri,” ujarnya.

Baca Juga: Banyak Ditentang, Pramono Sebut Omnibus Law Penting untuk Indonesia

3. Pramono sebut Jokowi tidak pernah takut pergi ke mana pun

Pramono Anung Klarifikasi Ucapannya Soal Larangan Jokowi ke KediriPresiden Jokowi memimpin sidang kabinet paripurna di Istana Kepresidenan Bogor, Selasa 11 Februari 2020 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Politikus PDIP ini menjelaskan, Jokowi tidak pernah takut pergi ke manapun, termasuk ke daerah yang rawan konflik, baik di dalam maupun luar negeri.

“Kan kita tahu presiden kita ini tidak takut ke mana-mana. Mau ke mana saja, ke Afghanistan saya juga mendampingi. Apalagi hanya ke Kediri. Saya melihat berita sudah melenceng jauh dari substansi awal,” tuturnya.

4. Jokowi siap jika diundang ke Kota Kediri

Pramono Anung Klarifikasi Ucapannya Soal Larangan Jokowi ke KediriPresiden Jokowi di Canberra, Australia, Senin 10 Februari 2020 (Biro Pers Kepresidenan)

Lebih jauh ia menambahkan, jika ada undangan untuk menghadiri acara ke kota mana pun termasuk Kediri, presiden siap untuk memenuhi panggilan tersebut.

“Sampai hari ini Pak Jokowi tidak pernah diundang ke Kediri. Tergantung undangannya saja,” ujarnya.

Baca artikel menarik lainnya di IDN App. Unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Kinerja Jokowi Dinilai Menurun, dari BPJS hingga Kebebasan Berpendapat

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya