Rekapitulasi Nasional: Jokowi Unggul dari Prabowo di Sulawesi Barat

Rekapitulasi suara dihadiri saksi dari masing-masing paslon

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia hari ini menggelar rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara tingkat nasional dan penetapan hasil Pemilihan Umum tahun 2019.

Dalam hasil rekapitulasi pemilihan calon presiden dan calon wakil presiden, pasangan Joko “Jokowi” Widodo-Ma’ruf Amin unggul dari penantangnya, Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno, di Provinsi Sulawesi Barat.

Baca Juga: Jokowi Kalah di Lebak, Bukti Dukungan Keluarga Ratu Atut Tak Berefek?

1. Jokowi-Ma’ruf Amin unggul dengan 475.312 suara, Prabowo-Sandiaga 263.620

Rekapitulasi Nasional: Jokowi Unggul dari Prabowo di Sulawesi BaratANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

Perolehan suara tersebut dibacakan langsung oleh Ketua KPU Sulawesi Barat, Rustang.

“Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin 475.312 (suara) dan pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno, 263.620 (suara),” kata Rustang di Kantor KPU Pusat, Jakarta Pusat, Senin (13/5).

2. Hasil rekapitulasi langsung ditetapkan oleh Ketua KPU RI

Rekapitulasi Nasional: Jokowi Unggul dari Prabowo di Sulawesi BaratFitang

Setelah hasil rekapitulasi itu dibacakan, Ketua KPU RI Arief Budiman langsung mengetuk palu sebagai tanda sahnya hasil rekapitulasi yang digelar secara terbuka tersebut.

“Dengan demikian, rekapitulasi untuk calon presiden dan calon wakil presiden di Sulawesi Barat kita tetapkan,” ujar Arief Budiman.

3. Rincian jumlah pengguna suara

Rekapitulasi Nasional: Jokowi Unggul dari Prabowo di Sulawesi BaratIDN Times/Nugroho Adi Purwoko

Untuk diketahui, jumlah pengguna hak pilih di wilayah Sulawesi Barat sebanyak 751.079 orang, dengan rincian jumlah pemilih laki-laki sebanyak 369.310 orang dan perempuan 381.769 orang.

Sedangkan surat suara yang didistribusikan ke wilayah Sulawesi Barat berjumlah 885.601 lembar, dengan rincian surat suara rusak sebanyak 2.263 lembar dan surat suara yang tidak digunakan 133.498 lembar. Sementara surat suara yang digunakan sebanyak 749.840 lembar.

4. Dihadiri oleh saksi dari masing-masing paslon

Rekapitulasi Nasional: Jokowi Unggul dari Prabowo di Sulawesi BaratFitang

Rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara tingkat nasional dan penetapan hasil Pemilu 2019 sendiri digelar secara terbuka.

Masing-masing saksi dari kubu Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin dan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga sama-sama terlihat hadir dalam acara tersebut untuk menyaksikan jalannya proses rekapitulasi.

Baca Juga: Rekapitulasi KPU Jabar: Suara Prabowo Masih Ungguli Jokowi di Bandung

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya