Rocky Gerung Bantah Terlibat Kasus Hoaks Ratna Sarumpaet

Ia baru mengetahui foto tersebut setelah pulang dari Rusia

Jakarta, IDN Times - Pengamat politik Rocky Gerung mengatakan dirinya tidak mengetahui kasus hoaks yang menjerat Ratna Sarumpaet. Hal tersebut diungkapkannya saat memenuhi panggilan pemeriksaan oleh Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Selasa (4/12).

1. Saat kejadian Rocky sedang berada di luar negeri

Rocky Gerung Bantah Terlibat Kasus Hoaks Ratna SarumpaetIDN Times/Fitang Budhi

Saat kejadian, Rocky mengaku dirinya sedang melakukan pendakian di gunung Rusia.

“Pada waktu kejadian saya ada di ketinggian 5.600 di gunung es jadi saya tidak tahu apa yang terjadi di Jakarta. Saya di gunung di Rusia di Elbrus,” ujar Rocky Gerung di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Selasa (4/12).

Baca Juga: Rocky Gerung Penuhi Panggilan Polisi terkait Kasus Ratna Sarumpaet

2. Rocky mengaku belum mengetahui alasan pemanggilan dirinya

Rocky Gerung Bantah Terlibat Kasus Hoaks Ratna SarumpaetIDN Times/Irfan Fathurochman

Saat tiba di Polda Metro Jaya sekitar pukul 11.00 WIB, Rocky mengaku tidak mengerti ihwal pemanggilan dirinya oleh pihak kepolisian.

“Saya belum tau, saya jawab nanti kalau diperiksa. Saya belum tau apa yang mau ditanya. kalau katanya soal kejadian (foto hoaks) saya gak ada di Jakarta. Sebagai saksi fakta tidak mungkin secara faktual saya mengetahui sesuatu,” terangnya.

3. Rocky mengetahui foto hoaks dari media sosial miliknya

Rocky Gerung Bantah Terlibat Kasus Hoaks Ratna SarumpaetIDN Times/R Cije Khalifatullah

Pria berkacamata ini mengatakan dirinya mengetahui foto-foto hoaks Ratna Sarumpaet dari laman media sosial miliknya, bukan dikirim langsung melalui pesan singkat oleh Ratna Sarumpaet.

“Ya saya buka Twitter atau buka Facebook sepulang dari (Rusia). Ya, kan beredar di situ di media,” ungkapnya.

Hingga berita ini diturunkan, pria lulusan Universitas Indonesia tersebut masih menjalani pemeriksaan oleh pihak Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya. 

4. Sebelumnya, polisi sudah memanggil Nanik S Deyang terkait hal yang sama

Rocky Gerung Bantah Terlibat Kasus Hoaks Ratna SarumpaetIDN Times/Cije Khalifatullah

Tidak hanya Rocky Gerung saja yang dimintai keterangan ihwal foto hoaks dari ibunda artis Atikah Hasiholan tersebut. Sebelumnya, polisi juga telah memeriksa Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto- Sandiaga Salahuddin Uno, Nanik S Deyang pada Selasa (27/11) lalu.

Polisi juga bakal mengorek ulang soal pengiriman foto lebam muka Ratna di media sosial.

5. Berawal dari kasus hoaks Ratna Sarumpaet

Rocky Gerung Bantah Terlibat Kasus Hoaks Ratna SarumpaetANTARA FOTO/Reno Esnir

Seperti diketahui, Ratna Sarumpaet sendiri telah ditahan oleh pihak kepolisian sejak 5 Oktober 2018 usai ditetapkan sebagai tersangka penyebaran hoaks soal penganiayaan. Ratna dijerat dengan Pasal 14 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana dan Pasal 28 juncto Pasal 45 Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). 

Kasus tersebut sendiri bermula saat foto wajah Ratna lebam beredar di media sosial. Ia mengaku bahwa lebab di wajahnya tersebut karena dianiaya oleh sekelompok orang di Bandung. Tapi, kemudian Ratna menyatakan bahwa kabar pemukulannya itu bohong adanya.

Baca Juga: Pengacara Sebut Nanik S Deyang Tidak Mengenal Ratna Sarumpaet

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya