Rusuh Papua, Layanan Internet 3 Operator Masih Diblokir Kominfo

Internet hanya bisa digunakan dengan pemancar satelit

Jakarta, IDN Times - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) masih memblokir layanan akses internet di Provinsi Papua pascakerusuhan yang terjadi, Senin (19/8) lalu.

Ada tiga operator telekomunikasi yang masih diblokir oleh pemerintah.

1. Telkomsel, XL, dan Indosat diblokir Kominfo

Rusuh Papua, Layanan Internet 3 Operator Masih Diblokir KominfoIDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kominfo Ferdinandus Setu menyebut, ada 3 operator yang hingga kini masih di blokir layanan internetnya.

“Operator seluler iya (diblokir). Telkomsel, XL, sama Indosat. Ketiganya itu dari Rabu (pekan) lalu sampai sekarang masih,” kata Ferdinan saat dijumpai di kantor Ombudsman RI, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (28/8).

2. Hanya layanan internet operator telepon yang diblokir Kominfo

Rusuh Papua, Layanan Internet 3 Operator Masih Diblokir Kominfokominfo.go.id

Kendati demikian, Ferdinan menjelaskan, untuk akses internet di luar operator yang menggunakan satelit seperti Vsat dan Indihome masih tetap bisa diakses namun mengalami pelambatan.

“Untuk operator seluler iya (diblokir). Tapi untuk yang Wifi itu masih (bisa diakses) tapi dilambatkan. Jadi itu perlu penegasan dari kami. Jadi tidak mematikan keseluruhan internet di Papua,” jelasnya.

Baca Juga: Kemenkominfo Masih Blokir Layanan Internet di Papua

3. Selain internet, Kominfo juga blokir URL dan konten bernada provokasi serta hoaks

Rusuh Papua, Layanan Internet 3 Operator Masih Diblokir KominfoIDN Times/Candra Irawan

Lebih lanjut ia mengungkapkan, sampai saat ini Kominfo juga telah memblokir sekitar 290 ribu Uniform Resource Locator (URL) yang berkaitan dengan berita bohong atau hoaks serta 51 konten hasutan provokatif yang sudah teridentifikasi. 

“URL-nya 290an ribu sejak senin lalu sampe sekarang. Peredarannya memang masih di Jawa ya karena ketika kita buka (blokir internet) di Papua sudah langsung terprovokasi,” ungkapnya.

4. Kominfo akan jelaskan alasan pemblokiran internet di Papua

Rusuh Papua, Layanan Internet 3 Operator Masih Diblokir KominfoIDN Times/Galih Persiana

Kominfo juga menegaskan dalam waktu dekat ini akan menggelar konferensi pers terkait pemblokiran akses internet di Papua bersama Kementerian dan Lembaga terkait lainnya.

“Hari Jumat (30/8) Pak Menkopolhukam, Kapolri, Kepala BIN itu akan gelar konpers di Polhukam jam 10 pagi untuk menjelaskan keseluruhan aspek,” ujarnya.

“Menjelaskan secara keseluruhan apa yang terjadi di Papua oleh Menkopolhukam, kemudian dari aspek (pemblokiran internet) Kominfo akan menjelaskan,” imbuhnya.

Baca Juga: Bambang Soesatyo: Ada Peran Asing dalam Kerusuhan Papua

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya