SBY: Habibie Bapak Reformasi, Demokrasi, dan Teknologi

SBY melayat bersama keluarganya

Jakarta, IDN Times - Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) melayat ke kediaman Bacharuddin Jusuf Habibie atau BJ Habibie di Jalan Patra XIII, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (12/9).

SBY datang sekitar pukul 09.37 WIB, dengan mengenakan batik hitam bermotif emas serta peci hitam melekat di kepalanya.

SBY datang didampingi kedua putranya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Eddy Baskoro Yudhoyono (Ibas), serta menantunya Annisa Pohan yang merupakan istri AHY.

Hanya sekitar lima menit SBY beserta keluarga melayat ke rumah duka. Mereka menyampaikan rasa duka cita atas kepergian Habibie.

“Hari ini, Bangsa Indonesia berduka dan kita kehilangan lagi salah satu putra terbaik bangsa Bapak Habibie,” kata SBY di Jalan Patra XIII, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (12/9).

SBY mengatakan, sosok Habibie memiliki andil besar terhadap tegaknya demokrasi dan kemajuan ilmu pengetahuan serta teknologi di Indonesia.

“Saya harus mengatakan kita sungguh kehilangan, Beliau bukan hanya Bapak Reformasi, Bapak Demokrasi, tapi juga Bapak Teknologi,” tutur dia.

BJ Habibie wafat pada Rabu (11/9) pukul 18.05 WIB di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto Jakarta. Habibie meninggal karena faktor usia dan gagal jantung.

Sebelum tutup usia, Habibie sempat menjalani perawatan intensif di rumah sakit sejak 2 September lalu. Jenazah Habibie akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, pada pukul 14.00 WIB.

Presiden Joko “Jokowi” Widodo akan memimpin langsung upacara pemakaman Presiden ke-3 RI tersebut. Jenazah Habibie akan dikebumikan di samping pusara istrinya, Ainun Habibie.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya